Kamis 02 Mar 2017 07:22 WIB

Sejarah Hari Ini: Adolf Hitler Bubarkan Parlemen Jerman

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Adolf Hitler
Foto:
Pada 2 Februari 1922, novel karya James Joyce Ulysses dipublikasikan di Paris sebanyak 1.000 kopi.

Pada 2 Februari 1922, novel karya James Joyce Ulysses dipublikasikan di Paris sebanyak 1.000 kopi. Melalui karyanya Ulysses, Joyce menyempurnakan gaya kesadarannya dan ia menjadi selebriti di bidang sastra.

Ulysses sering dipuji sebagai salah satu novel terbaik yang pernah ditulis di dunia sastra. Eksplorasi bahasanya dan kemampuannya membentuk sastra baru tak hanya menunjukkan ia sebagai seseorang yang jenius namun juga merupakan bentuk kecintaannya terhadap teknik kesadaran untuk memikirkan hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti dilansir Biography, James Joyce lahir pada 2 February 1882 di  Dublin, Irlandia. Ia berasal dari keluarga besar dan anak pertama dari 10 bersaudara. Ayahnya merupakan penyanyi berbakat dan disebut memiliki suara tenor terbaik di Irlandia.

Namun sayangnya ayahnya suka minum-minuman keras dan tak perhatian kepada keuangan keluarga. Joyce dan adik-adiknya akhirnya tumbuh di tengah kekurangan uang.

Seumur hidupnya ia juga berjuang menghadapi penyakit matanya. Meski memiliki penyakit mata ini tak menyurutkan semangatnya untuk terus menulis novel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement