Jumat 10 Mar 2017 07:25 WIB

Sejarah Hari Ini: Ledakan Tambang, 1.060 Tewas di Prancis

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ledakan
Foto:
Dalai Lama

Pada hari ini tahun 1959 silam, penduduk Tibet melakukan revolusi mengelilingi istana Dalai Lama di wilayah yang diokupasi Cina. Tibet diokupasi Cina sejak satu dekade sebelumnya, Oktober 1950.

Saat itu pasukan People’s Liberation Army (PLA) menginvasi negeri. Pemerintah Tibet memberi tekanan pada Cina di tahun sebelumnya, untuk menandatangani pakta yang memastikan Cina menghormati orang suci Dalai Lama.

Wilayah Dalai Lama pun tidak tersentuh oleh revolusi Cina. Pada 1958, pemberontak Tibet mengelilingi Lhasa dan PLA mengancam akan mengebom kota. Kericuhan di sana kemudian terjadi karena ada rencana Cina menculik Dalai Lama untuk dibawa ke Beijing.

Dalai Lama diundang datang ke acara minum teh Cina dan harus datang sendiri. Pada 10 Maret, 300 ribu pasukan loyalis Tibet mengelilingi tempat tinggal Dalai Lama di Istana Norbulinka agar ia tidak datang ke undangan PLA Cina.

Ia pun diungsikan ke India. Pada 21 Maret istananya dibom Cina. Pengikut setia Dalai Lama kemudian mengikutinya ke India.

Selanjutnya: Sambungan Telepon Pertama Dilakukan

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement