Selasa 14 Mar 2017 12:35 WIB

Tengkorak Manusia Berusia 400 Ribu Tahun Ditemukan di Portugal

Tengkorak Manusia
Tengkorak Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, LISABON -- Satu tim arkeolog internasional telah menemukan di Portugal fosil manusia paling tua yang pernah ditemukan. Tengkorak tersebut diduga berusia 400.000 tahun.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Portugal Musa pada Senin (13/3), tengkorak itu ditemukan di satu gua di Aroeira, Torres Novas, Portugal Tengah.

"Ini adalah fosil manusia paling tua yang ditemukan di Wilayah Portugal dan salah yang paling tua di Eropa," kata Joao Zilhao, sebagaimana dikutip Xinhua, Selasa (14/3).

Fosil manusia tak pernah ditemukan dari Periode Pleistocene (Zaman Es), yang mencakup masa dari 2,5 juta tahun lalu sampai 11.500 tahun lalu, di belahan barat Eropa semacam itu.

Tim arkeolog itu menyatakan yang menarik dari fosil tersebut ialah masa fosil itu dapat diketahui dengan baik dan menjadi standard rujukan bagi penafsiran fosil lain yang lebih rumit tapi tidak dapat diketahui masanya.

Penggalian di gua tersebut, tempat tengkorak itu ditemukan, akan dilanjutkan sebab para arkeolog tersebut berharap bisa menemukan fosil tengkorak lain atau bahkan bagian tengkorak yang hilang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement