Kamis 23 Mar 2017 10:41 WIB

Ketika Anggota Parlemen Inggris Coba Selamatkan Polisi Korban Penusukan

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Anggota parlemen dari partai konservatif Tobias Ellwood saat mencoba menyelamatkan polisi korban penusukan di luar gedung parlemen Inggris di London, Rabu (22/3).
Foto: Stefan Rousseau/PA
Anggota parlemen dari partai konservatif Tobias Ellwood saat mencoba menyelamatkan polisi korban penusukan di luar gedung parlemen Inggris di London, Rabu (22/3).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sambil berlutut, Tobias Ellwood berusaha memberikan bantuan penapasan bagi polisi yang diserang di luar gedung parlemen Inggris. Mimiknya serius. Dahi kanannya terkena noda darah.

Polisi tersebut kondisinya sangat mengenaskan penuh dengan luka tusukan dan darah mengalir di mana-mana. Ellwood yang merupakan mantan tentara menekan dada polisi yang tergeletak itu untuk menghentikan darah yang mengalir.

Ia berharap nyawa sang polisi bisa diselamatkan. Anggota parlemen dari partai konservatif tersebut dikelilingi paramedis, polisi, dan para dokter. Ia masih berada di sana sampai polisi yang terluka parah itu dibawa ke ambulans. Namun sayangnya polisi malang itu tak bisa diselamatkan dan dinyatakan meninggal.

Ellwood yang pernah menjadi kapten di Royal Green Jackets di Kuwait pernah mengalami sakitnya akibat aksi terorisme. Ia kehilangan kakaknya Jonathan saat terbunuh akibat bom Bali 2002. Jonathan salah satu korban dari 202 korban.

Baca: Pemimpin Dunia Berduka untuk Inggris

Jonathan merupakan seorang guru. Ia berada di Bali untuk mengikuti konferensi dan terbunuh akibat serangan bom di kelab malam di Kuta.

Upaya Ellwood menyelamatkan polisi yang diserang teroris mendapatkan banyak pujian, termasuk pujian dari koresponden keamanan BBC Frank Gardner. "Hormat yang luar biasa bagi teman saya @Tobias_Ellwood MP yang berusaha menyelamatkan polisi yang ditikam dan penuh darah dari lukanya," katanya melalui Twitter.

Seperti dilansir Guardian, Rabu, (22/3), Jeremy Corbyn juga memuji Ellwood. “Terima kasih kepada polisi dan petugas darurat yang merespon dengan sangat berani termasuk MP (anggota parlemen) Tobias Ellwood yang berusaha keras menolong polisi yang terluka parah dan sekarat."

Polisi tersebut merupakan salah satu dari empat orang termasuk penyerang yang dinyatakan meninggal akibat insiden ini.

Dalam serangan di London tersebut lima tewas dan 40 orang terluka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement