Senin 03 Apr 2017 17:44 WIB

Perompak Somalia Bajak Kapal Dagang India

Perompak Somalia beraksi di lautan. (ilustrasi)
Foto: AP
Perompak Somalia beraksi di lautan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOSASSO -- Perompak Somalia membajak kapal dagang asal India di lepas pantai Somalia, kata mantan pejabat lembaga anti-pembajakan pada Senin (3/4).

"Kami mengetahui perompak Somalia membajak kapal dagang India, yang menuju pantai Somalia," kata Abdirizak Mohamed Dirir, mantan direktur lembaga anti-pembajakan di wilayah semi-otonom Puntland, Somalia.

Graeme Gibbon-Brooks dari Keamanan Laut Dryad Maritime Security, lembaga keamanan pelayaran berpusat di Inggris, mengatakan mendapat kabar itu dari sumber, yang menyatakan kapal itu dibajak pada Sabtu saat dalam perjalanan dari Dubai menuju Bosasso.

Pada bulan lalu, perompak Somalia membajak kapal tangki minyak. Peristiwa itu menjadi kejadian pertama sejak pembajakan pada 2012, namun ulah tersebut gagal setelah terjadi pertarungan dengan pasukan angkatan laut Puntland. Pembajakan muncul sebagai bentuk pelampiasan kemarahan penduduk setempat akibat nelayan asing membanjiri perairan mereka, beberapa di antaranya memiliki izin menangkap ikan di sana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement