Rabu 19 Apr 2017 09:13 WIB

Pemerintah Australia Hapus Visa 457

 PM Malcolm Turnbull di Laos mengumumkan rencana menggelar pertemuan dengan pemimpin negara ASEAN di Australia tahun 2018.
Foto: AAP/Lauren Farrow
PM Malcolm Turnbull di Laos mengumumkan rencana menggelar pertemuan dengan pemimpin negara ASEAN di Australia tahun 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pemerintah Australia menghapuskan 457 visa dan menggantinya dengan jenis visa lain, demikian diumumkan Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

Dalam sebuah pengumuman yang diunggah di akun Facebooknya, PM Turnbull mengatakan visa empat tahun bagi migran terampil akan digantikan dengan visa sementara baru dengan persyaratan tambahan, termasuk pengalaman kerja dan keterampilan bahasa Inggris yang lebih baik.

Visa baru akan "dirancang khusus untuk merekrut yang terbaik dan paling cerdas untuk kepentingan nasional," katanya.

Pengumuman tersebut menyusul tindakan keras terhadap visa 457 bulan lalu, ketika Menteri Imigrasi Peter Dutton mengatakan pemerintah akan menghapus visa kerja 457 bagi pekerja di restoran cepat saji.

Tahun lalu, Pemerintah juga mengindikasikan akan meninjau kategori visa dan daftar pekerjaan migran terampil yang berada di bawah kategori visa tersebut. Visa 457 dirancang untuk mengisi lowongan pekerjaan yang sulit diisi oleh warga Australia dan memungkinkan pemegang visa ini untuk membawa keluarga mereka ke Australia.

Salah satu kelengkapan dokumen visa 457 visa.
Salah satu kelengkapan dokumen visa 457 visa.

ABC Riverland: Catherine Heuzenroeder

Angka terbaru dari Departemen Imigrasi menyatakan telah terjadi penurunan pemegang visa 457 di Australia, menjadi 95.758 pada bulan September 2016. Mayoritas pemegang visa 457 berasal dari India, dengan jumlah seperempatnya, diikuti Inggris dan Cina, masing-masing 19,5 persen dan 5,8 persen.

Pemimpin Oposisi Bill Shorten, yang partainya menyerukan pembatasan ketat dalam penggunaan migran terampil, mengatakan di akun Twitternya, satu-satunya pekerjaan yang dipedulikan oleh Malcolm Turnbull adalah pekerjaannya sendiri.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 18/04/2017 pukul 14:55 AEST dari laporan berbahasa Inggris, bisa dibaca di sini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/pemerintah-australia-hapuskan-visa-457/8450544
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement