Sabtu 22 Apr 2017 17:58 WIB

Anggota ISIS Terkait Serangan Klub Malam Istanbul Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Bilal Ramadhan
Gerakan ISIS (ilustrasi)
Foto: VOA
Gerakan ISIS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Salah seorang kepala anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan diduga terkait dengan sebuah serangan di klub malam Turki pada awal tahun baru lalu dilaporkan tewas, seperti dikutip Sky News, Sabtu (22/4). Ia adalah Abdurakhmon Uzbeki yang juga disebut sebagai rekan dekat dari pemimpin utama kelompok militan itu, Abu Bakr Al Baghdadi.

Uzbeki dilaporkan tewas dalam sebuah operasi militer koalisi Amerika Serikat (AS) di Mayadin, Suriah.  Setelah identifikasi dan penyelidikan lanjutan dilakukan, pria asal Uzbekistan itu kemudian dipastikan terlibat dalam serangan di klub malam Reina yang tepatnya terletak di Istanbul.

Dalam serangan pada malam pergantian tahun itu, sebanyak 39 orang tewas. Sementara itu, puluhan lainnya terluka dan banyak korban yang bukan berasal hanya dari Turki, namun juga merupakan warga negara asing di antaranya Prancis, Tunisia, Lebanon, India, Belgia, Jordan, dan Arab Saudi.

Sebelumnya, seorang tersangka lain yang juga diduga berasal dari Uzbekistan telah ditangkap oleh pihak berwenang Turki. Ia diidentifkasi sebagai Abdulkadir Masharipov yang ditangkap saat berada di distrik Esenyurt, Istanbul.

Namun, ISIS juga telah mengklaim berada di balik serangan brutal tersebut. Seorang anggota kelompok militan itu disebut menyerang pengunjung di klub dengan menggunakan senapan otomatis dan menembak secara acak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement