Selasa 09 May 2017 10:30 WIB

Tiara Bersejarah Digondol Pencuri dari Museum Jerman

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Tiara emas dan platinum dengan 367 berlian ini dicuri dari Badisches Landemuseum di Jerman.
Foto: AP/Badisches Landesmuseum Karlsruhe
Tiara emas dan platinum dengan 367 berlian ini dicuri dari Badisches Landemuseum di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Perhiasan bersejarah koleksi Badisches Landemuseum yang berada di kota Karlsruhe, Jerman digondol pencuri. Tiara bertakhtakan berlian tersebut ditaksir memiliki nilai 1,3 juta dolar AS.

Anggota kepolisian kriminal Jerman Baden Wuerttemberg mengatakan aksi pencurian tersebut diduga terjadi pada akhir April lalu. Perhiasan berupa berlian itu digasak dari lemari yang terkunci di ruang takhta museum.

Namun, kejadian ini baru saja terungkap. "Saat ini kami sedang mencari saksi yang mungkin telah melihat sesuatu yang aneh atau tidak biasa sekitar waktu itu," kata Wuerttemberg, Selasa (9/5).

Kepolisian Jerman mengatakan perhiasan yang digondol maling merupakan mutiara emas dan platina yang dihiasi 367 berlian. Dengan nilai sejarah dan kemewahan perhiasan tersebut, harganya diperkirakan sekitar 1,3 juta dolar AS bila dijual.

Tiara yang dicuri dari Badisches Landemuseum dulunya dimiliki oleh Grand Duchess Hilda von Baden. Tokoh yang juga dikenal dengan nama Princess of Luxembourg ini lahir pada 1864 dan meninggal pada 1952.

 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement