Rabu 17 May 2017 13:35 WIB

Polisi India Tewaskan 16 Pemberontakan Maois

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bilal Ramadhan
Pemberontak Maois
Foto: Google
Pemberontak Maois

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Polisi di India mengatakan, mereka telah menewaskan 16 pemberontak Maois di negara bagian Chhattisgarh. Kepala Pasukan antiMaois DM Awasthi mengatakan, bentrokan antara polisi dan  pemberontak Maois terjadi di dekat distrik Bijapur.

Chhattisgarh menjadi tempat bagi pemberontak Maois sejak lama. Bulan lalu pemberontak Maois menewaskan 24 tentara. Seperti dilansir BBC, Rabu, (17/5), pemberontak Maois mengatakan, mereka memperjuangkan pemerintahan komunis dan hak-hak yang lebih besar bagi masyarakat adat dan masyarakat miskin pedesaan.

Beberapa laporan media menyebutkan pemberontak Maois dibunuh dalam dua operasi yang berbeda. Namun polisi tidak memberikan rincian yang jelas tentang waktu operasinya. Kekerasan tersebut berawal dari rencana Pemerintah India yang berjanji akan melakukan tindakan keras terhadap pemberontak tersebut setelah serangan bulan lalu.

Pemberontak Maois aktif di beberapa negara bagian timur dan tengah India. Mereka secara rutin menargetkan pasukan keamanan India. Pada tahun 2010 mereka membunuh 74 polisi di distrik Dantewada di Chhattisgarh dalam salah satu serangan paling mematikan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement