Jumat 26 May 2017 15:16 WIB

Sejarah Hari Ini: Telanjur Malu, AS Tuduh Balik Uni Soviet Mata-matai Negaranya

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat mata-mata AS U2 yang ditembak jatuh oleh Uni Soviet pada 1960.
Foto: wikipedia
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko

Pada hari ini di 1924 Presiden AS Calvin Collidge menandatangani Undang-Undang Imigrasi. Undang-Udang ini menjadi peraturan imigrasi terketat sepanjang sejarah negara tersebut.

Ini juga cerminan rakyat Amerika yang ingin mengisolasi diri dari dunia setelah melawan Perang Dunia I di Eropa, yang memperburuk ketakutan meningkatnya penyebaran gagasan komunis. Ini juga bentuk diskriminasi sosial di masyarakat pada waktu itu.

Undang-undang ini hanya memperbolehkan mereka yang berpendidikan tinggi atau memiliki keahlian khusus untuk masuk ke AS, meskipun tetap tidak diperbolehkan untuk masuk ke Meksiko. Dalam peraturan ini juga tidak proporsional bagi Jepang, Eropa Timur dan Eropa Selatan. Hanya orang-orang Eropa Utara seperti Inggris, Irlandia dan negara-negara Skandinavia yang diperbolehkan imigrasi lebih banyak.

Kebijakan ini menimbulkan kemarahan Jepang karena dianggap sebagai penghinaan. Dan 26 Mei kemudian ditetapkan sebagai penghinaan nasional di Jepang. Undang-undang itu mengobarkan sentimen anti-Amerika di Jepang, yang menyebabkan warga Jepang melakukan aksi bunuh diri di depan kedutaan besar Amerika di Tokyo sebagai protes.

Selanjutnya: Pembantaian Suku Pequot di AS

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement