Senin 29 May 2017 13:37 WIB

Sejarah Hari Ini: Tanda Pengenal Bintang Kuning Bagi Yahudi Saat PD II

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pasangan Yahudi yang mengenakan tanda pengenal bintang kuning saat masa Perang Dunia II.
Foto: History
Pasangan Yahudi yang mengenakan tanda pengenal bintang kuning saat masa Perang Dunia II.

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini pada 1942, atas saran dari Menteri Propaganda Nazi Joseph Goebbels, Adolf Hitler memerintahkan  semua orang Yahudi di Paris yang mereka duduki mengenakan tanda pengenal berupa bintang kuning di sisi kiri pakaian mereka.

Goebbels telah melakukan banyak penganiayaan dan akhirnya memprioritaskan pemusnahan orang-orang Yahudi sejak awal perang. Ia sering menuliskan dalam catatan hariannya, “Mereka bukan lagi manusia tapi binatang buas” dan “Orang-orang Yahudi, sekarang dievakuasi ke timur. Prosedurnya cukup biadab dan tidak dapat dijelaskan. Tidak banyak yang akan tersisa dari orang Yahudi.”

Akan tetapi Goebbels bukanlah orang pertama yang menyarankan bentuk isolasi khusus tersebut. “Bintang kuning itu mungkin membuat beberapa orang Katolik bergidik,” tulis sebuah surat kabar Prancis saat itu.

“Ini memperbarui tradisi Katolik yang paling ketat.” Dalam sepanjang sejarah negara kepausan, wilayah di Italia tengah yang dikuasai paus dan Yahudi saat itu dikuasai Ghetto. Mereka dipaksa mengenakan topi berwarna kuning atau memasang lambang bintang kuning.

Selanjutnya: Tabrakan Kapal Akibat Kabut Tebal Tewaskan Ribuan Orang

 

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement