Senin 10 Jul 2017 23:38 WIB

NASA Maklumi Wapres AS Sentuh Orion Meski Ada Larangan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wapres AS Mike Pence saat menyentuh selubung pesawat angkasa Orion.
Foto: Livescience
Wapres AS Mike Pence saat menyentuh selubung pesawat angkasa Orion.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (AS) memaklumi ketidaktahuan Wakil Presiden AS Mike Pence yang menyentuh penutup badan pesawat luar angkasa milik NASA meski jelas tertera larangan untuk tidak menyentuh barang tersebut.

Pence menyentuh selubung pesawat luar angka Orion dalam kunjungan di Kennedy Space Center, Florida, pekan lalu. Seorang fotografer menangkap momen itu dan foto tersebut segera jadi meme di media sosial.

Meski sudah ada tanda larangan menyentuh Orion, NASA meyakinkan aksi Pence tersebut bukan masalah. Juru bicara NASA Jen Rae Wang mengatakan, tanda tersebut merupakan pengingat harian bagi pegawai NASA.

Secara prosedural, bagian-bagian pesawat luar angkasa yang akan dirakit memang harus dibersihkan dulu sehingga menyentuh bagian luarnya tidaklah masalah. ''Bila peralatan harus benar-benar terjaga kebersihannya, peralatan itu akan dilindungi selubung termal,'' kata Wang seperti dikutip Live Science beberapa waktu lalu.

Tidak diketahui apakah Pence menyadari aksinya menyentuh Orion tersebut.

NASA menggunakan pesawat luar angkasa Orion untuk membawa astronot ke bulan dan sisi dalam ruang angkasa seperti Mars. NASA mulai mengembangkan kapsul luar angkasa ini pada 2005 lalu.

Orion berhasil terbang tanpa awak pada 2014 lalu dalam program Exploration Flight Test-1. Saat ini NASA tengah menyiapkan program Exploration Mission-1 (EM-1) yang juga tanpa kru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement