Jumat 01 Sep 2017 05:20 WIB

Pemindahan Sisa Bom, 60 Ribu Warga Frankfurt Dievakuasi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Bom berukuran besar sisa Perang Dunia II di Jerman memicu evakuasi besar-besaran warga. ilustrasi
Foto: reuters
Bom berukuran besar sisa Perang Dunia II di Jerman memicu evakuasi besar-besaran warga. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pemerintah kota di Frankfurt berencana mengevakuasi lebih dari 60 ribu orang dari rumah mereka pada Ahad, untuk memindahkan bom sisa Perang Dunia II, yang ditemukan saat pekerjaan konstruksi.

Dilansir AP, Kamis (3/8),bom sisa Perang Dunia ke II ini seberat 1,8 ton yang dijatuhkan oleh pembom Inggris ketika ditemukan pada Selasa (29/8) lalu. Anggota dewan kota Frankfurt, Markus Frank mengatakan pada Kamis (31/8), bahwa bom ini berisi 1,4 ton bahan peledak.

Frank mengatakan bahwa radius 1,5 kilometer (sekitar satu mil) di sekitar bom harus dievakuasi. Hal ini sebagai tindakan pencegahan saat pemindahan bom dilakukan, yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar empat jam.

Pejabat setempat menggambarkan evakuasi direncanakan akan menjadi yang terbesar di Jerman. Operasi serupa masih umum terjadi bahkan lebih dari 70 tahun setelah perang dunia II usai. Sebelumnya juga pernah dilakukan pada Mei, misalnya, sekitar 50 ribu orang harus meninggalkan rumah mereka di Hannover sementara waktu hanya untuk pemindahan bom.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement