Senin 04 Sep 2017 17:05 WIB

Buron 23 Tahun, Bos Mafia Italia Dibekuk di Uruguay

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agus Yulianto
Bos mafia dan rekannya ditangkap polisi Italia (Ilustrasi)
Foto: EPA
Bos mafia dan rekannya ditangkap polisi Italia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Salah satu bos mafia yang paling dicari di Italia Rocco Morabito, berhasil dibekuk di Uruguay, Senin (4/9). Morabito telah buron dan diburu otoritas Italia sejak 23 tahun lalu atau tepatnya tahun 1994. 

"Salah satu bos mafia paling dicari di Italia ditangkap di Uruguay setelah 23 tahun melarikan diri dari hukuman atas asosiasi mafia, perdagangan narkoba, dan kejahatan berat lainnya," ungkap Kementerian Dalam Negeri Italia dalam sebuah pernyataan. 

"Pria berusia 50 tahun itu ditangkap di resor pantai di kota Punta del Este setelah polisi Uruguay dan pihak berwenang Italia bekerja sama untuk menentukan identitas sebenarnya," kata Kementerian Dalam Negeri Italia menambahkan. 

Morabito merupakan anggota kelompok mafia Calabria 'Ndrangheta'. Kelompok ini merupakan kelompok kriminal terorganisir paling kuat di Italia dan salah satu importir kokain Amerika Selatan terbesar di Eropa.

Menyandang julukan "Raja Kokain Milan", Morabito telah dicari sejak 1994 setelah mengucurkan dana sekitar 6,1 juta euro untuk mengimpor sekitar satu ton kokain dari Amerika Selatan. Surat perintah penangkapannya diterbitkan pada 1995 dengan tujuan melacak keberadaan dan mengekstradisinya ke Italia, di mana dia telah divonis 30 tahun penjara. 

Namun, pencarian dan perburuan Morabito ternyata tak mudah. Setelah 23 tahun berlalu, otoritas Italia baru berhasil membekuknya berkat kerja sama dengan pihak berwenang Uruguay.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement