Jumat 15 Sep 2017 16:03 WIB

Menteri Energi dan Pejabat Tinggi Lithuania Peringati HUT RI

KBRI Kerajaan Denmark merangkap Lithuania menggelar Resepsi Diplomatik dalam rangka memperingati HUT RI ke 72.
Foto: KBRI Kopenhagen
KBRI Kerajaan Denmark merangkap Lithuania menggelar Resepsi Diplomatik dalam rangka memperingati HUT RI ke 72.

REPUBLIKA.CO.ID, VILNIUS -- Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Denmark merangkap Lithuania melaksanakan Resepsi Diplomatik bertempat di Narutis Hotel,Vilnius, Lithuania. Acara yang dihadiri sekitar 200 orang ini diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Lithuania Tautiska Giesme.

Para tamu yang turut hadir terdiri dari Menteri Energi Lithuania, Zgymantas Vaiciunas, Wakil Ketua Parlemen (SEIMAS) Lithuania Gediminas Kirkilas, Kepala Penasehat Presiden Lithuania Nerijus Aleksiejunas, seluruh Korps Diplomatik Asing yang berada di Lithuania, Konsul Kehormatan RI di Lithuania Julijus Novickas, Friends of Indonesia,Pengudaha dan mitra Bisnis Indonesia serta masyarakat atau diaspora Indonesia di Lithuania. Resepsi ini juga dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Dr. Arief Hidayat S.H, M.S, beserta rombongan yang secara bersamaan sedang berada di kota Vilnius dalam rangka mengikuti Kongres Internasional ke empat World Conference on Constitutional Justice (WCCJ).

Pada kesempatan itu, Ketua MK, Prof.Dr.Arief Hidayat S.H, M.S. secara khusus menyampaikan sambutan terkait sejumlah poin penting diantaranya perkembangan ekonomi terkini di Indonesia, serta peran serta Indonesia yang senantiasa mendukung perdamaian di dunia terbukti dengan pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 - 2020 mendatang.

Sementara itu Menteri Energi Lithuania Zygimantas Viciunas dalam sambutannya menyampaikan Indonesia merupakan mitra penting bagi Lithuania, dan diharapkan sejumlah kerja sama dapat dilakukan dengan melihat potensi Indonesia yang cukup besar. Dubes RI untuk Lithuania M. Ibnu Said menegaskan pentingnya peningkatan kerja sama di berbagai bidang dengan Lithuania khususnya pascakunjungan bersejarah Presiden Lithuania ke Jakarta pada bulan Mei lalu.

Dalam kegiatan ini sejumlah tamu undangan juga menikmati hidangan kuliner khas Indonesia seperti nasi tumpeng lengkap, sate, rendang, serta beberapa makanan ringan dan jajanan pasar yang tersedia termasuk martabak manis dan martabak telur, yang disajikan oleh chef handal Indonesia Rusliyawan. Selain menikmati hidangan undangan juga dihibur dengan tarian tradisional Indonesia ’’Kandagan’’ dari Jawa Barat, yang ditarikan oleh salah satu eks penerima darmasiswa yang pernah menempuh pendidikan seni di Indonesia, Egle Kardiukovaite.

Dalam kesempatan ini seluruh tamu juga melihat beberapa stand produksi Indonesia seperti batik dan berbagai produk-produk perdagangan Indonesia yang di sediakan oleh KBRI seperti Mayora dengan produk unggulan Kopiko Coffee Shot Candy, kopiko Volcanic Coffee, dan Astor Chocolate Sticks termasuk berbagai produk Indonesia lainnya seperti Premium Ginger Drink Singabera, CV Intra Food, Organic Coco Sugar dari PT. Coco Sugar Indonesia dan Samanda Banana Chips. Stand perdagangan ini juga cukup dilengkapi dengan hadirnya produk teh kayuaro, Coffee Bean dan cerutu C99 produksi dari Hensco Indonesia dan sejumlah souvenir Wonderful Indonesia.

Sebelumnya KBRI Kopenhagen telah melakukan kegiatan Promotion of Indonesian Cuisine in Collaboration with Narutis Hotel Vilnius, pada tanggal 12 – 13 September 2017 yang menampilkan sejumlah hidangan masakan dan disajikan saat waktu santap pagi bagi seluruh tamu yang menginap di Hotel Narutis dengan menu khas Indonesia antara lain nasi goreng, dan bihun goreng. Selain mengadakan sejumlah agenda terkait peringatan HUT RI, dubes RI juga berkesempatan untuk bertemu dan bertatap muka dengan 30 penerima darmasiswa Lithuania yang pernah belajar berbagai ilmu dan jurusan di Indonesia dan bertemu dengan masyarakat dan diaspora Indonesia yang bermukim di Lithuania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement