Ahad 17 Sep 2017 10:40 WIB

Indonesia Serahkan Bantuan Rohingya pada Pemerintah Setempat

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Pesawat bantuan untuk masyarakat Rohingya akan diberangkatkan ke Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Pesawat bantuan untuk masyarakat Rohingya akan diberangkatkan ke Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangladesh, Eka Wiediyantiningsih, mengatakan bantuan dari Indonesia sudah tiba di Kota Coxs Bazar, kota terdekat dengan daerah pengungsi Rakhine State. Kendati demikian, penyaluran bantuan untuk pengungsi Rohingya tersebut diserahkan kepada pemerintah setempat yang bekerja sama dengan organisasi internasional.

"Untuk penyalurannya, itu kita serahkan kepada pemerintah setempat, pemerintah daerah bekerja sama nanti dengan organisasi-organisasi internasional," ujar Eka, dikutip dari siaran resmi Istana, Ahad (17/9).

Total bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pemerintah Indonesia untuk pengungsi Rohingya yang berada di perbatasan Bangladesh dan Myanmar pada hari ketiga telah mencapai 54 ton.

Bantuan kemanusiaan tak hanya berasal dari Pemerintah Indonesia, namun juga dari negara lainnya. Kendati demikian, Direktur Tanggap Bencana BNPB Junjungan Tambunan menyampaikan, jumlah bantuan pun masih belum mencukupi lantaran jumlah pengungsi saat ini mencapai 720 ribu jiwa.

Pemerintah pun masih akan melanjutkan pengiriman bantuan untuk para pengungsi Rohingya. Sebelumnya, pemerintah Indonesia juga sempat terhambat dalam proses pengiriman bantuan.

Sebab, Pemerintah Bangladesh sempat menutup akses bantuan dari negara lain, termasuk Indonesia. Kendati demikian, akhirnya bantuan Pemerintah Indonesia dapat dikirimkan setelah Menlu Retno Marsudi berkomunikasi dengan pemerintah setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement