Senin 16 Oct 2017 10:31 WIB

Beda Generasi, Beda Cara Pandang Terhadap Ponsel

Pejalan Kaki Menggunakan Ponsel
Foto: Telegraph
Cek Ponsel Bisa Kurangi Kecerdasan

Terkadang ponsel terasa seperti beban

Orang yang lebih muda cenderung mengatakan bahwa mereka tak bisa hidup tanpa ponsel mereka daripada golongan tua. Tapi mereka juga cenderung merasakan bahwa ponsel juga mengganggu, menyebalkan dan menggambarkannya sebagai 'ikatan'.

"Bagi generasi yang lebih muda, ponsel pintar lebih mengganggu, sedangkan untuk yang lebih tua mereka lebih cenderung mengatakan bahwa ponsel pintar begitu menghubungkan," kata Dr Modecki.

Generasi yang lebih tua melaporkan adanya hubungan yang lebih seimbang dengan ponsel pintar mereka. "Orang yang lebih tua mengatakan gawai itu adalah kebebasan, di mana pendapat individu yang lebih muda terbagi secara merata antara apakah ponsel itu simbol keterikatan atau kebebasan."

Berdampak pada hidup secara mengejutkan

Orang yang lebih muda dengan usia antara 19-25 tahun lebih cenderung melaporkan bahwa mereka merasa lebih aman karena mereka memiliki ponsel pintar. "Ini adalah temuan lain yang sangat mengejutkan saya," kata Dr Modecki.

"Saya berpikir bahwa komentar tentang keamanan berasal dari kelompok usia yang lebih tua, tapi itu berasal dari kelompok yang lebih muda. Memiliki ponsel berarti Anda merasa lebih aman. Apakah itu benar atau tidak perlu diperiksa.”

Tetapi kaum muda juga dilaporkan membaca lebih sedikit buku. "Hampir 60 persen anak berusia 19-25 tahun mengatakan ‘Saya membaca lebih sedikit buku karena saya menghabiskan waktu dengan ponsel pintar saya’, namun kurang dari 10 persen dari usia 70 tahun-plus mengatakan hal itu," kata Dr Modecki.

Melawan tren generasi adalah dampak dari ponsel pintar terhadap stres, yang mencapai puncak secara dramatis pada usia 36-45 tahun, dan 47 persen orang di kelompok usia tersebut melaporkan bahwa mereka merasa lebih tertekan saat mereka memiliki ponsel pintar.

Ada perbedaan pandangan tentang penggunaan

Orang yang lebih muda cenderung melampaui batas-batas di mana ponsel bisa digunakan, mereka lebih mungkin menggunakannya saat berada di jalan atau di toilet! Secara keseluruhan, meski demikian, kebanyakan dari kita tak suka jika orang lain melihat layar ponsel mereka saat kita berbicara dengan mereka, dan kita berpikir bahwa seharusnya anak-anak tidak bermain ponsel di restoran.

Hubungan personal bisa terdampak

Ada sedikit bukti dari hasil survei yang menunjukkan bahwa ponsel pintar berdampak negatif pada hubungan kita, atau pola asuh kita, kata Dr Modecki. "Saya pikir kita akan mendapatkan banyak hal negatif dari orang tua, tentang rasa bersalah dan bagaimana hal itu memengaruhi pola pengasuhan, perhatian dan waktu mereka bersama anak-anak mereka."

"Tapi dari apa yang bisa saya lihat, orang tua-lah yang menggunakan ponsel mereka, dengan mengatakan, 'Ya, saya berada di taman bermain menggunakan telepon saya, tapi setidaknya saya berada di taman bermain dan bukannya di kantor. Dan jika saya tidak memiliki ponsel, saya bahkan tidak akan menghabiskan waktu dengan anak saya di tempat bermain '.

Namun, banyak orang berkomentar bahwa ponsel pintar telah menjadi penghalang dalam hubungan mereka.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/beda-generasi-ternyata-beda-cara-pandang-terhadap-ponsel/9053620
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement