Jumat 27 Oct 2017 08:01 WIB

Hilang 5 Bulan di Laut, Dua Wanita dan Anjing Diselamatkan

Rep: Marniati/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU -- Angkatan Laut AS menyelamatkan dua perempuan dan seekor anjing mereka setelah hilang di laut selama berbulan-bulan saat mencoba berlayar dari Hawaii ke Tahiti, Rabu (25/10).

AL AS menyelamatkan wanita tersebut setelah sebuah kapal nelayan Taiwan melihat mereka sekitar 900 mil tenggara Jepang. Mereka lantas memberi tahu Penjaga Pantai AS. The USS Ashland tiba lebih awal keesokan harinya.

Para perempuan tersebut yang diidentifikasi oleh Angkatan Laut sebagai Jennifer Appel dan Tasha Fuiaba berasal dari Honolulu. Kapal mereka mengalami kerusakan mesin pada saat cuaca buruk pada akhir Mei lalu. Namun mereka yakin dapat mencapai Tahiti dengan menggunakan layar mereka.

"Mereka menyelamatkan hidup kami. Kami sangat lega saat melihat Angkatan Laut AS," kata Appel melalui rilis Angkatan Laut, Kamis (26/10).

Dua bulan dalam perjalanan di laut, kedua wanita tersebut mulai berselisih. Namun tidak ada kapal yang mendekat dan mereka terlalu jauh ke laut karena sinyal terdeteksi di darat.

Mereka mampu bertahan di laut karena memiliki alat pemurni air dan persediaan makanan yang cukup untuk satu tahun. Kebanyakan adalaha makanan kering seperti oatmeal dan pasta.

Sebuah foto yang disediakan oleh Angkatan Laut menunjukkan Fuiaba tersenyum saat pelaut Angkatan Laut menyapa anjingnya, Zeus di atas kapal USS Ashland.

"Para wanita tersebut akan memperoleh perawatan medis, makanan dan tempat tidur di atas kapal Angkatan Laut, di mana mereka akan tinggal sampai pelabuhan berikutnya," kata Angkatan Laut.

Menurut komandan USS Ashland Steven Wasson, Angkatan Laut AS berfungsi membantu orang tanpa mementingkan kewarganegaraan dan situasi.

 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement