Kamis 02 Nov 2017 12:32 WIB

Tujuh Jasad Pengungsi Ditemukan di Sebuah Kapal

Pengungsi Libya di atas perahu yang menyeberangi Laut Mediterania
Foto: Aljazeera
Pengungsi Libya di atas perahu yang menyeberangi Laut Mediterania

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Tujuh jenazah pengungsi ditemukan pada Rabu di sebuah kapal yang terombang-ambing di Libya. Sementara sekitar 900 orang diselamatkan dalam operasi di Mediterania selatan. Demikian disampaikan petugas patroli pantai Italia.

Operasi tersebut adalah salah satu penyelamatan paling intens yang dilakukan di daerah itu dalam beberapa bulan terakhir. Operasi digelar menyusul terjadinya penurunan tajam jumlah pengungsi yang mencapai Italia.

Seorang juru bicara patroli pantai mengatakan bahwa ketujuh jenazah tersebut diangkut oleh sebuah kapal di bawah komando angkatan laut Uni Eropa yang beroperasi di Mediterania. Dia tidak memiliki informasi lebih lanjut tentang jatidiri korban atau penyebab mereka meninggal.

"Sekitar 900 pengungsi telah diselamatkan dalam delapan misi berbeda," kata juru bicara tersebut. Ia menambahkan bahwa menurut perkiraannya mereka akan diangkut ke Italia pada akhir pekan ini.

Jumlah kedatangan pengungsi di Italia turun 30 persen pada delapan bulan pertama tahun ini. Kementerian Dalam Negeri Italia berterima kasih terutama atas kesepakatan dengan Libya untuk memblokir akses calon pencari suaka yang berniat melakukan pelayaran.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, penjaga pantai Libya telah banyak melakukan peran aktif dalam mencegah penyeberangan para pengungsi.

Awal pekan ini, mereka mencegat 299 pengungsi dari negara-negara sub-Sahara Afrika yang diangkut dengan menggunakan dua kapal karet di sebelah timur Tripoli.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement