Kamis 30 Nov 2017 18:51 WIB

Mantan Sekjen ASEAN Meninggal Akibat Serangan Jantung

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Surin Pitsuwan, Sekjen ASEAN
Foto: Reuters
Surin Pitsuwan, Sekjen ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Mantan sekretaris jenderal ASEAN Surin Abdul Halim bin Ismail Pitsuwan atau yang akrab disapa Surin Pitsuwan meninggal pada Kamis (30/11). Pria yang juga mantan menteri luar negeri Thailand itu meninggal di rumah sakit akibat serangan jantung. 

Laman Bangkok Post melaporkan, sebelumnya Pitsuwan dijadwalkan menjadi pembicara di acara Thailand Halal Assembly 2017. Acara ini digelar di Bangkok International Trade and Exhibition Centre.

 

Namun Pitsuwan tiba-tiba roboh sesaat ketika ia hendak menyampaikan materinya. Ia pun segera dilarikan ke Rumah Sakit Ramkhamhaeng. Kendati demikian, nahas, nyawa Pitsuwan tetap tak tertolong. Ia meninggal pada usia 68 tahun.

 

Merespons kabar duka tersebut, ASEAN segera menyampaikan ucapan belasungkawa. "Kami sangat sedih mengetahui bahwa Dr Surin Pitsuwan, mantan sekretaris jenderal ASEAN meninggal dunia hari ini. Ini adalah kerugian besar bagi Thailand dan komunitas ASEAN. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarganya," kata ASEAN melalui akun Twitter resminya.

 

Pitsuwan dikenal sebagai politikus veteran di negaranya. Ia dilaporkan memenangkan pemilu beberapa kali di daerah asalnya, yakni di Nakhon Si Thammarat, Thailand Selatan.

 

Pada 1992 hingga 1995, Pitsuwan dipercaya menduduki jabatan wakil menteri luar negeri Thailand. Pada 1997 hingga 2001, ia menjabat sebagai menteri luar negeri Thailand. Pada 1 Januari 2008, Pitsuwan ditunjuk sebagai sekretaris jenderal ASEAN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement