Ahad 17 Jun 2018 05:15 WIB

Lebih Lima Juta Orang Derita Penyakit Kronis di Mozambik

Perubahan iklim dan kondisi sosial alasan banyaknya kasus penyakit kronis di Mozambik

Bendera Mozambik
Foto: ist
Bendera Mozambik

REPUBLIKA.CO.ID, MAPUTO -- Kementerian Kesehatan Mozambik baru-baru ini menyampaikan keprihatinan yang mendalam mengenai kenyataan bahwa lebih dari lima juta orang di negeri itu saat ini menderita penyakit kronis yang tidak menular. Menteri Kesehatan Nazir Abdula mengatakan bahwa perubahan iklim dan kondisi sosial termasuk alasan di balik banyaknya kasus tersebut.

"Ini adalah saat bagi cerminan gabungan mengenai strategi banyak-sektor dan pendekatan inovatif guna menjamin kualitas dan pencegahan yang berkelanjutan terhadap trauma dan penyakit kronis yang tak menyebar," kata menteri tersebut dalam sebuah laporan Lembaga Kesehatan Nasional yang dirilis baru-baru ini.

Menteri itu mengatakan penanaman modal bagi pencegahan penyakit tersebut adalah salah satu strategi untuk mencapai Sasaran Pembangunan Berkelanjutan di bidang kesehatan dan memerangi kemiskinan.

"Jumlah penyakit ini telah mencatat peningkatan yang setara dengan peningkatan harapan hidup. Penyakit kronis menyebar sebab negeri tersebut memiliki makin banyak daerah kota," kata Direktur Lembaga Kesehatan Nasional Ana Cumbe.

Lembaga kesehatan di Mozambik menyatakan akan menciptakan satu kelompok konsultasi atau landasan yang membantu dalam perancangan kebijakan untuk menangani penyakit itu dengan dasar bukti ilmiah.

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement