Selasa 10 Jul 2018 07:27 WIB

Polisi Terus Investigasi Novichok

Para detektif berusaha mencari sumber pencemaran yang terkena novichok

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Polisi Inggris mencari petunjuk kasus baru racun Novichok yang menyerang dua warga setempat.
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Polisi Inggris mencari petunjuk kasus baru racun Novichok yang menyerang dua warga setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Polisi anti teror yang menyelidiki pembunuhan novichok, seorang ibu dari tiga anak, mengatakan mereka tidak dapat menawarkan jaminan keamanan publik. Karena terungkap bahwa korban kedua tidak banyak memiliki hari untuk hidup.

Dawn Sturgess meninggal pada Minggu malam, sembilan hari setelah menerima dosis besar agen saraf yang mematikan, ketika ia mengambil sebuah wadah yang kemungkinan telah digunakan dalam upaya pembunuhan terhadap agen ganda Rusia Sergei Skripal pada bulan Maret. Ibunya mengatakan wanita berusia 44 tahun, yang memiliki masalah alkohol dan kecanduan, telah menderita gagal jantung setelah lebih dari seminggu dalam perawatan intensif.

Pacarnya, Charlie Rowley saat ini sedang menjalani dukungan kehidupan di Salisbury District Hospital, tetapi tidak diharapkan untuk membuat pemulihan penuh. Itu diungkapkan dari seorang detektif yang menyelidiki kasus tersebut.

Seorang juru bicara Polisi Wiltshire mengatakan pihaknya telah mengatur transportasi mobil dari alamat di Swindon sehubungan dengan insiden yang sedang berlangsung di Amesbury. Publik tidak perlu khawatir dengan ini. Mereka yang terlibat memiliki pelatihan dan keahlian untuk mengamankan.

Para detektif berusaha mati-matian mencari sumber pencemaran yang diyakini sebagai wadah yang tidak terdeteksi di Salisbury sejak keracunan Skripal pada bulan Maret. Berbicara di luar Scotland Yard, Asisten Komisaris Operasi Spesialis Neil Basu bmengatakan dalam empat bulan sejak Skripal dan Nick Bailey diracuni, tidak ada orang lain selain Dawn dan Charlie yang menunjukkan gejala.

"Reaksi mereka begitu parah, mengakibatkan kematian Dawn dan Charlie kritis. Ini berarti mereka harus mendapat dosis tinggi dan hipotesis kami adalah mereka harus menangani wadah yang sekarang kami cari".

Namun dia mengatakan dia tidak bisa meyakinkan publik di Salisbury bahwa tidak ada risiko bagi keselamatan mereka. "Kami terus bekerja sangat erat dengan ahli kesehatan masyarakat dan ilmiah untuk terus memantau dan menilai tingkat risiko yang sedang berlangsung kepada publik saat penyelidikan berlangsung".

"Sementara saya tidak dapat menawarkan jaminan, tadi malam Public Health England menekankan bahwa risiko bagi masyarakat umum saat ini masih rendah".

"Ini mengejutkan dan benar-benar mengejutkan bahwa seorang warga negara Inggris telah meninggal karena terkena novichok. Tapi jangan salah, kami bertekad untuk mencari tahu bagaimana Dawn dan rekannya, Charlie Rowley, bersentuhan dengan substansi mematikan seperti itu, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan".

Sebanyak 21 orang, termasuk delapan petugas polisi, sembilan petugas kesehatan dan paramedis, telah mencari jejak pekan lalu, tetapi semua telah diberikan semuanya dengan jelas. Polisi juga memberikan rincian lebih lanjut tentang pergerakan pasangan itu dalam beberapa jam setelah mereka diracuni, termasuk mengungkapkan bahwa mereka telah memeriksa bus lokal dan Ford Transit Van merah yang mereka lalui.

Setelah menghabiskan sore hari Jumat 29 Juni berbelanja dan bersantai di Salisbury, Ms Sturgess dan Mr Rowley mengunjungi rumahnya di John Baker House, sebelum bepergian dengan bus kembali ke flatnya delapan mil jauhnya di Amesbury. Seorang juru bicara polisi mengatakan, bus itu telah disita oleh Polisi Wiltshire dan diperiksa di laboratorium pertahanan pemerintah di Porton Down.

Pada hari Sabtu 30 Juni, setelah Nyonya Sturgess jatuh sakit, Tuan Rowley bepergian dengan van Ford Transit merah bersama tiga orang lainnya. Basu mengatakan kendaraan itu juga telah dibawa ke Porton Down untuk tes lebih lanjut sebagai tindakan pencegahan.

"Tiga orang lain, yang juga berada di van pada hari itu, telah diidentifikasi dan dihubungi oleh polisi. Tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan tanda-tanda telah terkena agen syaraf atau merasa tidak enak badan, dan sedang diperiksa sebagai pencegahan".

Van itu diambil dari alamat di Amesbury, dekat tempat tinggal Mr. Rowley, oleh personel militer dari Royal Air Force. "Saya belum pernah melihat van itu di sini sebelum semalam. Saya berada di sekitar rumah seorang teman dan ketika saya pergi ke rumah, polisi berdiri berjaga di jalan saya, mengatakan saya tidak bisa pulang. Jadi saya menunggu dan sebuah truk militer besar tiba dengan banyak orang mengenakan pakaian pelindung dan masker gas," kata seorang tetangga, dilansir laman The Telegraph.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement