Rabu 11 Jul 2018 16:03 WIB

Buronan Skandal 1MDB Malaysia Jho Low Tinggalkan Macau

Polisi Malaysia menyebut Jho Low memakai banyak paspor.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nur Aini
Low Taek Jho alias Jho Low
Foto: The Star
Low Taek Jho alias Jho Low

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Sri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, salah satu buruan pemerintah terkait kasus 1Malaysia Development Berhad (1MDB) Low Taek Jho meninggalkan Macau. Informasi itu didapatkan dari surat elekltronik yang dikirimkan otoritas Macau.

"Sulit untuk melacaknya karena dia pasti menggunakan banyak paspor," kata Sri Mohamad Fuzi Harun seperti dilansir laman The Star, Rabu (7/11).

Meski demikian, dia mengatakan, surat elektronik yang dikirimkan otoritas Macau itu tidak merinci waktu kepergian Low Taek Jho alias Jho Low. Surat tersebut juga tidak memberikan keterangan terkait tujuan kepergian salah satu aktor yang disebut-sebut terlibat dalam penggelapan dana miliar dolar AS di 1MDB.

Sri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, pemerintah Malaysia telah mengirimkan Red Notice atau surat permintaan penangkapan tersangka. Dia mengungkapkan, sebuah tim juga sempat dikirimkan ke Hong Kong guna melacak pergerakan Jho Low.

"Namun saat tim tiba di Hong Kong Jho Low sudah pergi ke Macau," kata Sri Mohamad Fuzi Harun.

Sebelumnya, Macau dipilih Low untuk kabur dan bersembunyi menyusul tidak adanya perjanjian ekstradisi antara Malaysia dan wilayah tersebut. Tidak terbentuknya perjanjian ekstradisi membuat otoritas Malaysia tidak dapat mengejar dan menangkap Jho Low.

Selain Jho Low, otoritas Malaysia juga telah merilis empat nama lainnya yang juga memiliki peran sentral dalam skandal tersebut. Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) merilis terduga lainnya seperti Tan Kim Loong, Tang Keng Chee (Casey Tang), Geh Choh Heng, dan Loo Ai Swan (Jasmine Loo)

Tan dikenal sebagai 'manusia misterius' dan diduga menyamar dengan nama lain. Dia diidentifikasi sebagai penandatangan untuk banyak rekening bank di Singapura yang merupakan pencucian uang 1MDB. Rekeningnya adalah RBS Coutts Bank dan Falcon Bank.

Tan telah menjadi buronan, bersama dengan pengusaha Low Taek Jho, juga dikenal sebagai Jho Low, sejak Oktober 2016. Sedangkan Tang, Geh, dan Loo adalah mantan karyawan dari 1MDB yang penuh skandal. Tang adalah seorang eksekutif investasi dan pelopor dalam 1MDB. Geh dan Loo juga bekerja di perusahaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement