Ahad 02 Sep 2018 04:30 WIB

Obama dan Bush Berikan Penghormatan Pada Mendiang McCain

John McCain meninggal pada Sabtu (25/8) di rumahnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ratna Puspita
Barrack Obama
Foto: EPA-EFE/Shwan Thew
Barrack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dua mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama dan George W Bush memberikan penghormatan pada mendiang John McCain. Keduanya pernah mengalahkan McCain pada pemilihan presiden AS.

Obama pernah mengalahkan McCain dalam pemilihan presiden AS pada 2008. Pria kelahiran 1961 ini menggambarkan McCain sebagai pejuang, negarawan, dan seorang patriot yang banyak mewujudkan hal untuk membuat AS menjadi hebat.

Ia mengatakan terlepas dari banyak perbedaan mereka, keduanya tidak meragukan berada di tim yang sama. “John mengerti keamanan dan pengaruh kami dimenangkan bukan hanya oleh kekuatan militer, kekayaan kami, dan kemampuan membuat orang lain sesuai kehendak kami,” kata Obama, dilansir dari BBC, Sabtu (1/9).

“Akan tetapi, dari kemampuan kami untuk menginspirasi orang lain dengan kepatuhan kami untuk nilai-nilai universal dan desakan martabat yang diberikan oleh Tuhan dari setiap manusia,” ujarnya melanjutkan.

photo
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush (ketiga dari kiri), mantan Wakil Presiden AS Al Gore (kedua dan kiri), dan mantan Presiden Barack Obama (kiri) ketika menghadiri upacara pemakaman John McCain di Washington, AS, Sabtu (1/9) waktu setempat. (EPA-EFE/SHAWN THEW)

Sementara itu, George W Bush pernah mengalahkan McCain dalam nominasi kepresidenan Partai Republik pada 2000. Ia memberi penghormatan pada keberanian, kejujuran dan rasa hormat pada sang senator.

Menurut Bush, McCain menghadapi kebijakan dan praktek yang diyakini tidak layak bagi negaranya. Hal itu terjadi di berbagai titik selama kariernya yang panjang.

“John akan menjadi orang pertama yang memberitahumu bahwa ia bukan pria yang sempurna. Tetapi mengabdikan hidupnya untuk cita-cita nasional yang sempurna,” kat Bush.

Senator AS John McCain, yang dua kali pernah mencalonkan diri sebagai presiden AS, meninggal pada Sabtu (25/8). McCain meninggal di rumahnya di Negara Bagian Arizona dalam usia 81 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement