Selasa 11 Sep 2018 06:58 WIB

Kanada Berunding Perdagangan Bebas dengan AS

AS mengancam akan menjalankan NAFTA tanpa Kanada.

Red: Nur Aini
Bendera AS, Meksiko, dan Kanada (ilustrasi)
Foto: wikipedia.org
Bendera AS, Meksiko, dan Kanada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat Robert Lighthizer di Washington pada Selasa (11/9). Mereka akan membahas perundingan untuk memperbarui pakta perdagangan NAFTA, kata seorang pejabat pemerintah, Senin.

Juru bicara Freeland, Adam Austen, tidak memberikan keterangan terperinci soal itu. Setelah lebih dari satu tahun berunding, Kanada dan Amerika Serikat masih berupaya menyelesaikan berbagai perbedaan menyangkut NAFTA (Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara), yang juga meliputi Meksiko.

Pejabat-pejabat AS mengatakan waktu sudah mendesak untuk mencapai kesepakatan agar dapat diajukan ke Kongres untuk dilakukan pemungutan suara. Freeland pekan lalu mengadakan kunjungan satu hari di Washington. Ia mengatakan bahwa dirinya serta Lighthizer sedang membuat kemajuan sangat baik di beberapa sektor walaupun kesepakatan masih sulit dicapai.

Ketika ditanya apakah Freeland kemungkinan akan kembali ke Washington pada pekan ini, Austen mengatakan keputusan belum diambil. Freeland dijadwalkan menghadiri pertemuan dua-hari anggota parlemen Partai Liberal yang berkuasa di Kanada barat pada Rabu dan Kamis.

Para pejabat mengatakan masalah-masalah yang masih melekat adalah soal aturan kuota produk susu Kanada, keinginan Ottawa untuk mempertahankan mekanisme penyelesaian sengketa, serta aturan hukum Kanada menyangkut media, yang berpihak pada produksi dalam negeri.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang mengatakan bahwa ia siap membatalkan NAFTA, telah mencapai kesepakatan perdagangan dengan Meksiko. Ia mengancam akan jalan terus tanpa Kanada.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement