Jumat 19 Oct 2018 09:04 WIB

Trump Mulai Yakin Khashoggi Dibunuh, Saudi Terancam Sanksi

Menteri Keuangan AS menangguhkan perjalanan ke Riyadh.

Donald Trump
Foto:
Jamal Khashoggi

Penyelidikan

 
Pada Kamis waktu setempat, di Istanbul lampu sorot dari ketinggian helikopter dikerahkan dalam penggeledahan kediaman konsul jenderal Saudi. Ini setelah Turki diizinkan mengakses properti untuk mencari jenazah Khasoggi.

Media lokal Istanbul melaporkan pencarian jenazah diperluas hingga ke dua hutan di luar kota yang secara signifikan meningkatkan cakupan wilayah penyelidikan.

Petunjuk baru bagi tim penyelidik Turki menunjukkan rekaman pengawas dari ratusan kamera di sekitar kota yang menuntun kendaraan milik konsulat Saudi telah berkendara hinga ke hutan Belgard dan lahan pertanian luas di Provinsi Yalova pada saat hari di mana Khasoggi terakhir terlihat pada 2 Oktober lalu.

Sebelumnya, tim forensik menggeledah kediaman konsul selama kurang lebih sembilan jam, kemudian kembali menggeledah konsulat Saudi untuk yang kedua kalinya. Fokus khusus para tim penyelidik adalah di bawah rumah konsul jenderal dan bagian taman yang digali guna mendapatkan petunjuk.

Konsul Jenderal Mohammad al-Qtaibi telah meninggalkan Turki bersama keluarganya pada Selasa kemarin, usai diinformasikan bahwa rumahnya akan digeledah menyangkut pembunuhan Khasoggi. Ia pun telah dibebastugaskan dari jabatannya.

Hingga kini, masih belum jelas temuan baru oleh tim penyelidik. Meski demikian, Kementerian Dalam Negeri Turki berjanji akan membagikan hasil penyelidikan sesegara mungkin kepada dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement