Ahad 28 Oct 2018 22:37 WIB

Muslim Galang Dana untuk Korban Serangan Sinagog Pittsburgh

Sebelas orang tewas dalam serangan terhadap sinagog di Pittsburgh.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Reiny Dwinanda
 Kendaraan polisi memblokir persimpangan di depan sinagog Tree of Life pada Ahad (28/10), di Pittsburgh, AS, setelah penembakan mematikan sehari sebelumnya.
Foto: AP
Kendaraan polisi memblokir persimpangan di depan sinagog Tree of Life pada Ahad (28/10), di Pittsburgh, AS, setelah penembakan mematikan sehari sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, PITTSBURGH - Komunitas Muslim-Amerika telah mengumpulkan puluhan ribu dolar AS dalam aksi penggalangan dana untuk membantu para korban serangan di sinagog Pittsburgh. Dalam serangan itu, sedikitnya 11 orang tewas dan enam lainnya terluka.

Penggalangan dana yang dibuka di situs Muslim LaunchGood ini bertujuan untuk membantu korban penembakan. "Entah itu korban yang terluka atau keluarga yang kehilangan orang yang mereka cintai," tulis situs tersebut, dikutip Aljazirah.

Aksi itu digagas oleh Tark El-Messidi, seorang pembicara Muslim-Amerika dan pendiri CelebrateMercy, sebuah organisasi nirlaba yang mengajarkan tentang kehidupan dan karakter Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Sinagog di AS Ditembaki, 11 Jemaat Yahudi Tewas

Menurut informasi terbaru di situs, target awal penggalangan dana sebesar 25 ribu dolar AS telah tercapai hanya dalam enam jam. Target terbaru pun dipasang. Mereka ingin mengumpulkan 50 ribu dolar AS dalam sembilan hari. Pada Ahad (28/10), jumlahnya telah melebihi 43 ribu dolar AS.

Robert Bowers (48 tahun) telah ditetapkan sebagai tersangka dalam penembakan massal di Sinagog Tree of Life di Squirrel Hill, Pittsburgh, AS, pada Sabtu (27/10). Bowers didakwa dengan 29 pelanggaran, termasuk kejahatan kebencian.

Kampanye penggalangan dana lainnya dilakukan oleh GoFundMe oleh Shay Khatiri, seorang warga Iran yang saat ini tinggal di Washington DC. Khatiri yang tampaknya tidak memiliki koneksi langsung ke Pittsburgh mengatakan alasannya untuk memulai penggalangan dana adalah dia ingin memberikan sumbangan.

Kampanye GoFundMe telah mengumpulkan lebih dari 247 ribu dolar AS, jauh melebihi target awalnya, yaitu 100 ribu dolar AS. Kampanye ini telah meningkatkan target donasi menjadi 1 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement