Selasa 30 Oct 2018 03:15 WIB

Menteri Inggris: Indonesia Semakin Berpengaruh di Dunia

Menteri Persemakmuran Inggris memfokuskan perlindungan hak kelompok minoritas.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera Inggris
Bendera Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Negara Inggris untuk negara-negara persemakmuran dan PBB Lord Tariq Ahmad of Wimbledon mengatakan Indonesia akan menjadi negara yang semakin berpengaruh di dunia. Ahmad telah memulai kunjungan selama dua hari di Indonesia. Lord Ahmad akan datang ke Jakarta setelah menghadiri konferensi ‘Our Oceans’ di Bali.

"Indonesia adalah negara demokrasi yang dinamis dan kaya akan keberagaman. Sebagai yang terdepan di kawasannya, Indonesia tengah mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat dan akan memiliki peran yang semakin berpengaruh di abad ke-21," kata Ahmad, dalam siaran pers yang Republika.co.id terima, Senin (29/10).

Ahmad mengatakan sebagai Utusan Khusus Perdana Menteri Inggris untuk bidang Kebebasan Beragama, ia sangat yakin akan pentingnya kebebasan beragama, saling menghargai, dan memahami satu sama lain. Menurutnya, agar demokrasi dapat berfungsi secara efektif, sangatlah penting bagi kelompok minoritas untuk memiliki hak memperoleh perlindungan.

"Indonesia adalah rumah bagi jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia dan banyak yang memandang Indonesia sebagai contoh yang dapat diikuti," ujarnya.

Ahmad dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir. Dalam kunjungannya kali ini Ahmad juga akan memandu diskusi tentang hubungan antar agama, mengunjungi sekolah Islam dan bertemu para pakar kontra terorisme.  

"Saya sangat senang berkunjung ke Indonesia, dan berharap dapat  berdiskusi dan bertukar pikiran dengan para pemimpin agama, mahasiswa serta para pakar terkait. Saya berharap kunjungan ini dapat membantu mempererat hubungan Inggris dan Indonesia,” tutup Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement