Sabtu 10 Nov 2018 00:25 WIB

Kuburan Berisi 200 Jasad Ditemukan di Ethiopia

Kuburan massal ini berada di wilayah yang sedang bergejolak

Peta Ethiopia.
Foto: Lonelyplanet.com/ca
Peta Ethiopia.

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABA -- Polisi di Ethiopia menemukan kuburan berisi sedikitnya 200 mayat di sepanjang perbatasan antara wilayah bergolak Oromiya dengan Somali. Kuburan massal itu ditemukan di tengah proses penyelidikan terhadap mantan pemimpin wilayah Somali Abdi Mohammed Omer.

"Pemimpin wilayah Somali sedang menghadapi persidangan dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan memicu bentrokan," kata perusahaan penyiaran Fana pada Kamis (8/11) malam, mengutip pernyataan polisi. Penyiaran itu tidak memberikan rincian.

Abdi Mohammed Omer dipaksa mundur pada 6 Agustus dan ditangkap beberapa pekan kemudian sesudah kekerasan terjadi di ibu kota provinsi tersebut, Jijiga.

Kelompok hak asasi secara tetap menuduh pemerintahannya melakukan pelanggaran, seperti, penyiksaan, sementara beberapa saksi menuduhnya memerintahkan serangan paramiliter terhadap warga di propinsi Oromiya tetangganya sesudah bentrokan suku di sana pada September.

Wilayah itu dilanda kekerasan beberapa dasawarsa saat pemerintah memerangi pemberontak Kubu Pembebasan Bangsa Ogaden sebelum kedua pihak menandatangani kesepakatan perdamaian pada bulan lalu.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement