Kamis 06 Dec 2018 16:09 WIB

Senator Filipina Tantang Duterte Tes Narkoba

Duterte mengaku bercanda soal perkataan memakai ganja.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Duterte
Foto: ABC News
Presiden Duterte

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Seorang senator oposisi Filipina, Antonio Trillanes, menantang Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada Kamis (6/12) untuk menjalani tes narkoba. Tantangan itu disampaikan Trillanes setelah Duterte bercanda dengan mengatakan ia telah menggunakan ganja agar tetap terjaga.

"Sekarang, jika dia benar-benar ingin membersihkan dirinya, saya akan menantangnya lagi untuk melakukan tes narkoba," kata Trillanes dalam sebuah pernyataan.

 

Juru bicara Duterte, Salvador Panelo, mengatakan presiden tidak akan menerima tantangan itu. "Dia lah seharusnya yang menjalani tes," kata Panelo, mengacu pada Trillanes.

 

Baca juga,  Presiden Filipina Akui Pakai Ganja di Tengah Perang Narkoba.

 

Pada Senin (2/12), Duterte mengakuhanya becanda ketika mengatakan ia telah mengonsumsi ganja. Ia sendiri telah meluncurkan perang kontroversial terhadap narkoba di negaranya, yang telah menewaskan hampir 5.000 tersangka pengedar dan pengguna narkoba sejak 2016.

 

Ganja merupakan barang ilegal di Filipina. Kritikus mengatakan, candaan Duterte terkait ganja bisa membuat kesal keluarga mereka yang meninggal dalam kampanye anti-narkobanya.

 

Duterte mengatakan dia menggunakan ganja untuk membuatnya tetap terjaga di KTT ASEAN di Singapura bulan lalu. Namun kenyataannya, dia telah melewatkan beberapa pertemuan dalam KTT itu hanya demi tidur siang.

 

 

 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement