Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Semut Drakula, Hewan yang Bergerak Paling Cepat di Dunia

Kamis 13 Dec 2018 18:54 WIB

Red: Budi Raharjo

Semut Drakula.

Semut Drakula.

Foto: ABC News
Semut penghisap darah ini gerakkan rahang bawahnya dengan menekan ujungnya bersamaan.

REPUBLIKA.CO.ID, Hewan yang paling cepat bergerak di dunia adalah semut. Mengapa demikian?

Menurut sebuah studi oleh University of Illinois, semut Drakula, juga dikenal sebagai Mystrium camillae, dapat mematahkan rahangnya 5.000 kali lebih cepat daripada kedipan mata manusia pada 320 kilometer per jam. Gerakan itu menjadikannya sebagai gerakan hewan tercepat di planet ini.

Mereka dapat ditemukan di Australia, Afrika tropis dan Asia Tenggara. Para peneliti mengatakan makhluk penghisap darah yang kecil ini mampu menjalankan rahang bawahnya dengan menekan ujungnya bersama-sama. Lalu memuntahkannya dengan tekanan internal yang terlepas ketika satu slide mandibula melintasi yang lain - mirip dengan jepitan jari manusia.

"Semut ini sangat menarik karena rahang mereka sangat tidak biasa," kata Profesor biologi dan entomologi hewan, Andrew Suarez.

"Bahkan di antara semut yang memperkuat kekuatan rahang mereka, semut Drakula tergolong unik. Alih-alih menggunakan tiga bagian yang berbeda untuk per-nya, palang dan tuas, ketiganya tergabung di rahang bawah."

"Semut semut menggunakan gerakan ini untuk menampar arthropoda lain, kemungkinan memukau mereka, menghancurkan mereka di dinding terowongan atau mendorong mereka menjauh. Mangsa kemudian dipindahkan kembali ke sarang, di mana ia diumpankan ke larva semut."

Fredrick J Larabee, peneliti postdoktoral di Museum Sejarah Alam Smithsonian, juga memimpin penelitian ini. "Para ilmuwan telah menjelaskan banyak mekanisme pemuatan pegas yang berbeda pada semut, tetapi tidak ada yang tahu kecepatan relatif dari masing-masing mekanisme ini," katanya.

"Kami harus menggunakan kamera yang sangat cepat untuk melihat seluruh gerakan. Kami juga menggunakan teknologi pencitraan sinar-X untuk dapat melihat anatomi mereka dalam tiga dimensi, untuk lebih memahami bagaimana gerakan itu bekerja."

Tim juga melakukan simulasi komputer dari kumparan rahang bawah berbagai kasta semut Drakula untuk menguji bagaimana bentuk dan karakteristik struktur mandibula memengaruhi kekuatan jepretan mereka. "Temuan utama kami adalah bahwa snap-jaws adalah yang tercepat dari mulut semut pegas, dan gerakan hewan tercepat saat ini," kata Larabee.

"Dengan membandingkan bentuk rahang gertakan semut dengan semut menggigit, kami juga belajar bahwa ia hanya mengambil perubahan kecil dalam bentuk untuk rahang untuk mengembangkan fungsi baru -bertindak sebagai bagian yang elastis."

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA