Selasa 15 Jan 2019 08:41 WIB

Cina Vonis Mati Warga Kanada, Aksi Balasan?

PM Trudeu menyayangkan vonis yang dijatuhkan ke Lloyd Schellenberg.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Palu Hakim di persidangan (ilustrasi)
Petinggi Huawei Cina, Meng Wanzhou

Penangkapan ini membuat hubungan Cina dengan Kanada dan Amerika Serikat memburuk. Pasalnya penangkapan Meng berdasarkan permintaan pengadilan AS di New York.

Pengadilan New York memutuskan Meng bersalah karena telah menyesatkan bank-bank multinasional dalam transaksi dengan Iran. Hal ini membuat bank-bank tersebut berisiko melanggar sanksi AS ke Iran. Meng membantah semua tuduhan tersebut dan mengatakan ia akan melawan semua tuduhan yang diarahkan kepadanya.

Kini Meng sudah dibebaskan dengan jaminan. Beberapa pekan setelah Meng ditahan, Cina menangkap dua orang warga negara Kanada Michael Kovrig dan Michael Spavor atas tuduhan membahayakan keamanan dalam negeri mereka.

Penangkapan Meng terjadi dihari yang sama ketika AS dan Cina sepakat untuk melakukan gencatan senjata dalam perang dagang yang terjadi diantara mereka sejak awal tahun 2018. Presiden AS Donald Trump mengatakan ia tidak akan mengintervensi kasus itu.

Sementara itu, Cina membantah telah menggunakan sistem peradilan untuk menyandera warga negara Kanada.  Hanya saja Cina memang terlihat mendorong kasus Schellenberg ini berjalan lebih cepat setelah Kanada menangkap Meng.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement