Jumat 10 May 2019 10:55 WIB

Kurang Tidur, Calon Pilot Pingsan Saat Terbang

Pilot yang belum sarapan itu pingsan sekitar 40 menit.

  Pilot yang tak sadarkan dirii menggunakan pesawat jenis Diamond DA40.  Foto: Wikimedia Commons
Pilot yang tak sadarkan dirii menggunakan pesawat jenis Diamond DA40. Foto: Wikimedia Commons

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Sebuah sekolah penerbangan Adelaide akan mewajibkan siswanya mencatat waktu terakhir mereka makan dan tidur sebelum terbang. Hal itu dilakukan setelah seorang pilot yang masih belajar pingsan saat terbang di wilayah kota Adelaide.

  • Penerbangan masuk ke wilayah udara terkendali di Adelaide tanpa izin pada 9 Maret.
  • Sebuah laporan menyebutkan siswa pilot mengalami tidak enak badan dan tak sadarkan diri.
  • Sekolah penerbangan menolak memberikan komentar, tapi berkomitmen tingkatkan keselamatan.

Australian Trasnport Safety Bureau (ATSB) telah merilis laporan ini sebagai sebuah insiden serius yang terjadi pada Maret. Insiden melibatkan pesawat dari sekolah penerbangan Flight Training Adelaide.

Baca Juga

Pilot yang belum sarapan itu pingsan sekitar 40 menit saat terbang dan tetap tidak sadar selama 40 menit. "Pilot mulai merasakan sakit kepala dan menggunakan autopilot. Sebelum penerbangan dia kurang tidur karena gelisah dan baru pulih dari flu ringan," kata ATSB.

Penerbangan YTR meninggalkan Port Augusta ke Bandara Parafield Adelaide pada pagi hari, 9 Maret. Pesawat Diamond DA40 memasuki wilayah udara Adelaide tanpa izin sekitar pukul 11.00.

Rute dari catatan Flight Aware memanjang ke selatan melintasi Teluk St Vincent sebelum menuju ke utara dengan pesawat akhirnya mendarat di Bandara Parafield. Laporan itu tidak menjelaskan apakah pria itu pingsan atau tertidur, tetapi mengatakan pilot melanggar wilayah udara Bandara Adelaide.

"Kontrol lalu lintas udara (ATC) berusaha menghubungi pilot berkali-kali tanpa hasil," kata laporan itu.

Awak Diamond DA42, yang beroperasi di daerah itu, menawarkan bantuan kepada ATC untuk mengidentifikasi dan menjalin kontak dengan pesawat. Sekitar pukul 11.15 pagi, kru melakukan kontak visual dengan DA40 dan melaporkan pilot telah sadar kembali.

"Pada titik ini, pesawat berada di atas air. Kontak radio kemudian dilakukan dan ATC membantu pilot mengembalikan pesawat ke Parafield di bawah pengawalan DA42," kata laporan.

Pilot sakit dan tidak sarapan

Pilot lain yang berbasis di Adelaide, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada ABC, insiden itu mungkin berakhir dengan tidak menerbangkan beberapa jet di Adelaide. "Dia terbangun di suatu tempat di atas lautan," kata pilot tersebut.

Airservices Australia mengonfirmasi pesawat terdekat dijauhkan hingga 50 kilometer utara Adelaide sebagai tindakan pencegahan. Pelatihan Penerbangan Adelaide menolak mengomentari kejadian tersebut kepada ABC.

Laporan ATSB mengatakan pilot tidak sarapan sebelum meninggalkan Parafield ke Port Augusta, tempat pilot berhenti sebelum terbang kembali. Selama penerbangan dari Parafield ke Port Augusta, pilot hanya mengonsumsi sebotol Gatorade, serta air dan sebatang coklat selama singgah di Port Augusta.

Menyusul insiden tersebut, Pelatihan Penerbangan Adelaide mengatakan kepada ATSB mereka akan menerapkan beberapa tindakan keselamatan, termasuk mengharuskan siswa mencatat jam tidur mereka dalam 24 dan 48 jam sebelumnya (dan) waktu makan terakhir serta jenis makanannya.

Sekolah pelatihan juga berkomitmen memberikan bimbingan yang lebih baik kepada siswa mengenai pola tidur dan melakukan briefing keselamatan dengan lebih menekankan pada manajemen kelelahan.

Bosan saat sedang terbang

Pada Februari, seorang pilot menuliskan kata-kata "aku bosan" saat sedang terbang. Pesawat Diamond Star, juga dioperasikan oleh Flight Training Adelaide, menghabiskan setidaknya tiga jam di udara untuk menuliskan kata-kata tersebut di atas langit Australia Selatan. Pesan itu terlihat oleh para pelaku penerbangan dalam program pelacakan penerbangan dan sejumlah situs.

photo
Seorang calon pilot dari Flight Training Adelaide menulis kata-kata "I'm bored" saat terbang dari Parafield airport. Foto: Flightaware

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2019-05-10/calon-pilot-pingsan-di-udara-karena-kurang-tidur/11100882
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement