Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Warganet Gunakan Warna Biru Dukung Sudan

Jumat 14 Jun 2019 07:39 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Ani Nursalikah

Pasukan keamanan Sudan menggiring warga sipil di Khartoum, Sudan, Senin (3/6). Pasukan keamanan Sudan membubarkan paksa kamp pemrotes.

Pasukan keamanan Sudan menggiring warga sipil di Khartoum, Sudan, Senin (3/6). Pasukan keamanan Sudan membubarkan paksa kamp pemrotes.

Foto: AP Photo via AP video
Krisis di Sudan menyebabkan kerusuhan dan demonstrasi yang terus berlanjut.

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM -- Warganet serempak mengubah gambar profil media sosial meraka dengan warna biru. Hal ini dilakukan sebagai aksi solidaritas atas keprihatinan krisis yang terjadi di Sudan yang mengakibatkan kerusuhan dan dan aksi demontrasi yang terus berlanjut hingga Senin (10/6).

Hal tersebut juga dilakukan sebagai tanda penghormatan bagi Mohamed Hashim Mattar (26 tahun), salah peserta aksi protes yang ditembak mati oleh anggota paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF) pada Senin (3/6). Dilansir di CNN, Jumat (14/6), tagar  #BlueForSudan menyebar semakin luas di media sosial.

Penyanyi Rihanna turut mengganti warna profilnya dan menuliskan tagar tersebut. Model pakaian renang berjilbab pertama Sports Illustrated, Halima, juga mengganti gambar profilnya di Instagram dengan warna biru.

Baca Juga

Sebelumnya, aksi protes warga Sudan sudah pecah pada akhir Desember lalu ketika krisis melanda negara tersebut. Perekonomian Sudan memburuk membuat kebutuhan pokok tidak bisa dijangkau oleh warganya.

Protes tersebut segera berubah menjadi gerakan nasional menuntut Presiden, Omar al-Bashir yang memimpin sejak 1989 mundur. April lalu, Bashir berhasil digulingkan setelah para jenderal tertinggi berhasil melakukan kudeta.

Namun, aksi protes semakin membesar saat RSF dibawah kendali Bashir, ingin kembali mengambil kekuasaan. Selama aksi protes ratusan warga meninggal dan demonstran perempuan dilaporkan diperkosa oleh RSF

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA