Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Novy Chardon Sempat Menyatakan Khawatir Suaminya Akan Membunuhya

Senin 19 Aug 2019 13:56 WIB

Rep: Ellie Sibson/ Red:

abc news

abc news

Novy Chardon belum diketahui apakah tewas atau menghilang di Australia.

Perempuan asal Indonesia Novy Chardon yang sekarang belum diketahui apakah tewas atau menghilang pernah mengatakan kepada seorang tetangganya bahwa bila dia tidak kembali dari perjalanan ke luar negeri, besar kemungkinan suaminya telah membunuhnya.

Suami Novy, John Chardon, sedang disidangkan di Mahkamah Agung Queensland di Brisbane dengan tuduhan membunuh istrinya.

Novy Chardon berusia 34 tahun saat hilang dari rumahnya di kawasan Upper Coomera di Gold Coast di bulan Februari 2013 dan keberadaannya sampai sekarang belum ditemukan.

Persidangan dengan terdakwa John Chardon sudah dimulai sejak hari Kamis (15/8/2019) dan akan berlangsung selama 4 minggu dengan menghadirkan lebih dari 70 saksi.

Dalam sidang hari Senin (19/8/2019) tetangga keluarga Chardon, Glenn Liscombe, mengatakan pasangan suami istri itu memang memiliki masalah dalam perkawinan mereka.

"Dia takut dengan nasibnya, katanya kepada saya," kata Liscombe.

"Novy mengatakan bila dia tidak kembali dari perjalanan ke luar negeri maka itu berarti John mungkin telah membunuhnya, atau membuatnya mati dibunuh."

Dalam sidang tersebut, Liscombe mengatakan Novy memintanya untuk melapor ke polisi bila dia tidak kembali ke rumahnya.

Liscombe mengatakan di hari ketika Novy hilang, dia melihat adanya "kegiatan tak lazim" di rumah itu. Di antaranya, John Chardon dan kedua anak perempuannya yang sudah dewasa tampak meninggalkan rumah tersebut terburu-buru.

 

Dalam tanya jawab dengan pengacara terdakwa, Liscombe mengatakan dia melihat John Chardon mendorong sebuah kotak baja ke dalam mobil dengan alat pembersih karpet di dalamnya.

Seorang saksi lain Morag Hermann, yang kadang menjaga anak-anak keluarga Chardon, mengatakan John suka jika rumahnya selalu bersih dan "seluruhnya harus sempurna".

Seorang saksi lainnya, Kylie Fryer mengaku, dia terakhir kali melihat Novy ketika dia ke sekolah menjemput anak-anak mereka di hari kejadian.

Fryer mengatakan Novy lega bahwa segala hal yang berhubungan dengan perceraiannya sudah selesai, namun dia "takut" dengan bagaimana kemungkinan reaksi dari suaminya.

Ketika ditanya oleh pengacara pembela, Fryer membenarkan bahwa Novy pernah mengatakan khawatir suaminya akan menceraikannya tanpa memberinya uang.

Lihat beritanya selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA