Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Menteri Iran Apresiasi Capaian Kerja Sama Indonesia-Iran

Kamis 22 Aug 2019 22:18 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Bayu Hermawan

Dubes RI untuk Iran Octavino Alimudin

Dubes RI untuk Iran Octavino Alimudin

Foto: dok. KBRI Tehran
Salah satu capain kerjasama adalah meningkatnya jumlah perdagangan

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Duta Besar Indonesia untuk Iran, Octavino Alimudin menyampaikan sejumlah capaian kerja sama bilateral antara Indonesia dan Iran dalam satu tahun terakhir. Salah satunya adalah peningkatan jumlah nilai perdagangan antara Indonesia dan Iran.

Selain itu, dalam satu tahun terakhir, Indonesia dan Iran juga menandatangani sejumlah kesepakatan seperti MoU di bidang kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta kesepakatan dalam bidang obat-obatan.

Pencapaian tersebut disampaikan oleh Dubes Indonesia untuk Iran, dalam resepsi diplomatik yang digelar di Persian Evin Hotel, beberapa waktu lalu, yang menjadi penutup rangkaian peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Dalam kesempatan itu, di tengah kondisi saat ini pascaJoint Commision Partner on Action atau JCPOA, Indonesia menegaskan komitmennya untuk senantiasa meningkatkan hubungan erat dengan Iran dan terus meningkatkan kerja sama di bidang politik, ekonomi termasuk pariwisata dan peningkatan kerja sama industri olahan serta kerja sama sosial budaya termasuk media, pendidikan, riset, pemuda dan olahraga.

Baca Juga

photo
Duta Besar Indonesia untuk Iran, Octavino Alimudin dalam acara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Iran



Sementara itu Menteri Informasi, Komunikasi dan Teknologi Iran Muhammad Javad Jahromi yang hadir sebagai tamu kehormatan menyampaikan apresiasi atas berbagai capaian kerja sama kedua negara termasuk peningkatan kerja sama di bidang Informasi, Komunikasi dan Teknologi seperti start-up. Menteri Jahromi juga menyampaikan harapan untuk selalu menjalin hubungan erat dengan Indonesia yang telah berjalan selama 60 tahun.

Resepsi Diplomatik sebagai penutupan rangkaian HUT RI memperoleh pujian dari berbagai kalangan yang hadir memenuhi hall Hotel Persian Evin Hotel. Mereka yang hadir adalah para Duta Besar Perwakilan Asing, Atase Pertahanan, media, akademisi, pengusaha serta para pejabat tinggi Pemerintah Iran. Resepsi menyuguhkan berbagai tampilan budaya dan seni serta infografis terkait Indonesia, seluruh hadirin juga dimanjakan dengan hidangan tradisional Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA