Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

China Bebaskan Staf Konsulat Inggris di Hong Kong

Sabtu 24 Aug 2019 16:06 WIB

Red: Ani Nursalikah

Polisi China.

Polisi China.

Foto: AP Photo
Polisi mengatakan Cheng ditahan selama 15 hari karena melanggar aturan keamanan umum.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Seorang anggota staf Konsulat Inggris di Hong Kong Simon Cheng (28 tahun) yang ditahan di kota perbatasan China, Shenzhen, telah dibebaskan, Sabtu (24/8). Kepolisian Distrik Luohu, Shanzen, melalui Weibo, media sosial semacam Twitter, mengatakan Cheng ditahan selama 15 hari karena melanggar aturan keamanan umum.

Polisi mengatakan Cheng telah dibebaskan pada Sabtu sesuai jadwal dan hak hukum dan kepentingan-kepentingannya sudah dipenuhi. Polisi juga mengatakan Cheng telah memberikan penjelasan atas tuduhan-tuduhan yang dikenakan terhadapnya.

Menurut keterangan kekasihnya, Li, Cheng baru saja melakukan perjalanan ke Shenzen dan hendak kembali ke Hong Kong pada 8 Agustus lalu. "Siap melewati perbatasan, doakan saya," kata Cheng dalam sebuah pesan singkat kepada Li, dikutip The Guardian.

Lebih dari 10 hari kemudian, keluarga Cheng dan Li belum bisa menghubunginya. Li mengatakan otoritas imigrasi Hong Kong menerangkan Cheng menjalani penahanan administratif di China daratan.

Pemerintah Inggris pun menyesalkan adanya penahanan terhadap stafnya. "Kami sangat prihatin dengan laporan seorang tim kami telan ditahan saat kembali ke Hong Kong dari Shenzen. Kami memberikan dukungan kepada keluarganya dan mencari informasi lebih lanjut dari pihak berwenang di Provinsi Guangdong dan Hong Kong," ujar seoarang juru bicara Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris.

Hingga saat ini, Hong Kong masih menghadapi gelombang demonstrasi. Massa merencanakan aksi besar-besaran akhir pekan ini.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA