Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Rusia Berniat Kirim Jet Tempur Su-57 ke Turki

Kamis 29 Agu 2019 08:24 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Budi Raharjo

Pesawat Sukhoi Su-35 bermanuver di langit Rusia.

Pesawat Sukhoi Su-35 bermanuver di langit Rusia.

Foto: sputniknews.com
Turki ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia dan Turki sedang mendiskusikan kemungkinan pengiriman jet tempur Sukhoi Su-57 buatan Rusia dan pesawat Su-35 ke Turki. Hal ini dilaporkan kantor berita RIA, mengutip pernyataan seorang pejabat Rusia pada Rabu (28/8).

Kepala Federal Service of Military-Technical Cooperation Rusia, Dmitry Shugaev mengatakan, dia berencana untuk membahas sistem pertahanan rudal S-400 dengan seorang rekan Turki pada Rabu. Selain itu juga kemungkinan pengiriman dari Su-35 atau Su-57.

"Banyak ketertarikan telah ditunjukkan, masih terlalu dini untuk membicarakan negosiasi kontrak, belum ada aplikasi, konsultasi harus dilakukan," kata Shugaev.

Sementara itu, Rusia mulai mengirimkan sistem rudal S-400 ke Turki tahun ini. Suatu langkah yang memanaskan hubungan antara Turki dengan Amerika Serikat dan North Atlantic Treaty Organization (NATO). Akibatnya, Washington mengeluarkan Turki dari program pembuatan jet F-35, yang juga direncanakan akan dibeli oleh Turki.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Selasa (27/8), bahwa Turki ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia. Ini termasuk pesawat tempur, setelah pembicaraan di Moskow dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA