Selasa 15 Oct 2019 07:58 WIB

Warga Australia Keluhkan tak Ada Kereta Cepat di Sydney

Satu dari tiga pekerja di Australia mengaku perjalanan terlalu lama

Red:
.
.

Di saat semua orang sedang tidur, Harris Cheung yang tinggal di kawasan Wollongong, sekitar dua jam menyetir dari Sydney harus sudah bangun dan mempersiapkan dirinya untuk bekerja.

Perjalanan ke tempat kerja

Survei nasional Australia Talks dari ABC menemukan:
  • Satu dari tiga pekerja di Australia mengaku perjalanan terlalu lama
  • Angka ini naik hingga 40 persen di kalangan warga dari latar belakang berbeda
  • 1dari 3 orang di Illawara mengatakan akan lebih senang jika waktu lebih pendek

Ikuti survei nasional dari ABC dengan perangkat interaktif untuk membandingkan masalah Anda di Australia.

 

Untuk mencapai tempat kerjanya di Sydney butuh waktu sekitar satu jam setengah dengan kereta.

Lamanya perjalanan ini masih sama dengan di tahun 1930-an, saat jalur tersebut masih menggunakan kereta uap.

Harris pindah ke Wollongong karena alasan keluarga, dengan harapan keindahan pantai Illawara akan membuat keluarganya bahagia.

"Akan memudahkan hidup saya jika perjalanan naik kereta dari Wollongong ke pusat kota Sydney kurang dari sejam, yang saya rasa bisa dilakukan," ujarnya kepada ABC.

Harris adalah satu dari 30 ribu warga Illawara yang harus naik kereta menuju tempat kerja, termasuk 26 ribu diantaranya yang pergi ke kota Sydney dan kebanyakan lebih memilih naik kendaraan pribadi.

Dengan kecepatan 57 kilometer per jam, kereta dari Wollongong dan Sydney termasuk sangat lambat, menurut Professor Phillip Laird, pakar transportasi dari University of Wollongong.

 

Secara umum, semakin banyak warga Australia yang harus berpergian jauh dari tempat tinggalnya di kawasan pinggiran untuk mencapai pusat ibu kota. Misalnya, dari Gold Coast ke Brisbane atau Geelong menuju pusat kota Melbourne.

Pemerintah di sebagian negara bagian sering menjanjikan kereta yang lebih baru dan lebih luas, tapi banyak warga seperti Harris tetap tidak merasa puas.

"Kita bisa memiliki kereta yang terbaik di dunia, tetapi jika masih lambat seperti sekarang ini, apa bedanya?"

Dari survei 'Australia Talks' diketahui satu dari tiga warga Australia merasa waktu perjalanan mereka ke tempat kerja terlalu lama.

Bahkan tingkat ketidakpuasaan lebih tinggi lagi jika dibandingkan warga Australia yang belatar belakang berbeda.

Anda yang tinggal di Australia bisa mengikuti survei nasional yang dilakukan ABC, 'Australia Talks', untuk membandingkan faktor-faktor kehidupan di Australia dengan warga Australia lainnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement