Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Indonesia Bantu Bangun Lapangan Futsal Kepulauan Solomon

Jumat 06 Des 2019 05:00 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon

Kemenlu tanda tangani nota kesepahaman tentang bantuan hibah ke Kepulauan Solomon

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Indonesia melakukan pertemuan bilateral bersama Kepulauan Solomon di sela-sela Bali Democracy Forum ke-12. Dalam kesempatan ini, Kementerian Luar Negeri menandatangani nota kesepahaman tentang bantuan hibah ke Kepulauan Solomon dalam membangun lapangan futsal.

"Saya baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan teman baik saya Menteri Luar Negeri Solomon Island Jeremiah Manele. Ini kunjungan pertama beliau ke Bali. Kedua negara kemudian menandatangani dua nota kesepahaman (MoU), salah satunya mengenai hibah untuk pembangunan stadion futsal di Solomon Island dalam rangka persiapan untuk tuan rumah Pacific Games 2023," ujar Retno usai pertemuan bilateral dengan Jeremiah di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Kamis (5/12).

Retno mengatakan draft telah diberikan kepada Kepulauan Solomon. Selanjutnya pembangunan stadion akan dipegang oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
"Kita sudah punya Indonesian Aid, jadi dananya lewat itu dan pembangunannya melalui BUMN Indonesia," ujarnya.

Jeremiah pun berterima kasih atas kesempatan ini. Dia mengatakan sangat beruntung atas kerja sama Indonesia dalam mengembangan pembangunuan stadion.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas dukungan mereka dan bantuan dalam pembangunan stadion ini yang semakin mempererat hubungan antarmasyarakat," serunya.
 
Kedua negara juga membahas kerja sama lainnya di bidang pendidikan, investasi, dan perdagangan. Menlu Jeremiah mengatakan sangat menanti kerja sama lebih erat ke depannya dengan Indonesia.
 
Dua hal yang menjadi titik fokus dengan Kepulauan Solomon, menurut Retno di antaranya peningkatan people to people contact serta kerja sama ekonomi. Selain itu, Retno berharap kerja sama tentang minyak kelapa sawit, perikanan, kelapa, pariwisata berkelanjutan hingga perubahan iklim.

"Ada begitu banyak hal yang bisa kita lakukan bersama untuk memperkaya ekonomi kita," ujarnya.

Dalam hal hubungan antara penduduk kedua negara, Kepulauan Solomon selalu menjadi bagian dari beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah sangat menghargai keterlibatan aktif Kepulauan Solomon dengan Indonesia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA