Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Satu Lagi Perempuan Diperkosa Saat Jogging di Melbourne

Senin 09 Dec 2019 09:07 WIB

Red:

.

.

Keamanan Melbourne di malam hari dipertanyakan.

Masih amankah Kota Melbourne bagi perempuan untuk keluar rumah dan berolahraga sendirian di malam hari? Pertanyaan ini mencuat setelah terjadi lagi kasus pemerkosaan di salah satu wilayah kota itu.

Ratusan warga berunjuk rasa pada hari Minggu (8/12/2019) memprotes pemerkosaan yang dialami seorang perempuan di sebuah taman di Coburg - 13 km dari pusat kota Melbourne.

Peristiwa itu sendiri terjadi hari Selasa sore pekan lalu. Korban saat itu diperkosa, dicekik dan hampir tewas tenggelam di kali, ketika dia sedang jogging di Merri Creek, Coburg.

Jalan setapak yang membentuk Merri Creek Trail melewati kawasan Brunswick, Northcote, Coburg dan Thornbury. Kawasan ini sangat popular untuk jogging dan rekreasi warga.

Penyerangan itu terjadi di saat hari masih terang di Bowden Reserve, tidak jauh dari jembatan Harding Street yang menghubungkan antara Thornbury dan Coburg.

 

Unjukrasa hari Minggu malam diberi nama Reclaim Our Merri Creek (Kuasai Lagi Merri Creek) dimulai dari Mayer Park, yang pada Oktober lalu menjadi lokasi seorang pria menyerang perempuan dengan pisau.

Belinda Lo yang mengorganisir unjuk rasa mengatakan Mayer Park adalah "kawasan yang sering digunakan dan sangat disukainya."

"Saya bersama warga lain ingin menguasai lagi lahan ini setelah sejumlah serangan kekerasan yang terjadi pada perempuan yang dilakukan oleh pria, yang terjadi di daerah kami," katanya.

"Banyak warga menggunakan tempat umum secara teratur, dan kita semua khususnya perempuan berhak untuk bebas dari kekerasan ketika menggunakan tempat umum."

 

Serangan yang terjadi hari Selasa menimbulkan kemarahan dan mengingatkan kejadian lain seperti tewasanya komedian muda Eurydice Dixon di sebuah taman di Melbourne, serta mahasiswi asal Israel Aiia Maasarwe.

Keduanya tewas di ruang terbuka umum di kota Melbourne. "Saya merasa sedih dan marah karena tempat umum yang sebenarnya indah ini tercemari dengan serangan-serangan tersebut," kata Lo lagi.

Pemkot setempat, Moreland City Council, yang membawahi wilayah Brunswick dan Coburg telah memerintahkan pengecekan keamanan di sepanjang Merri Creek.

Mereka mengatakan akan bekerja sama dengan Kepolisian Victoria dan Komite Manajemen Merri Creek "untuk mengatur pengamanan di daerah tersebut."

Polisi juga meningkatkan patroli di kawasan itu minggu lalu.

 

Sejauh ini polisi telah menahan Joel Russo (25 tahun) dengan tuduhan melakukan berbagai serangan, termasuk serangan hari Selasa malam dan 10 tuduhan pemerkosaan lainnya. Dia akan diajukan ke pengadilan pada 12 Maret 2020.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA