Kamis 19 Dec 2019 16:25 WIB

Liburan Menjelang Natal PM Australia Scott Morrison Mendapat Kritikan

Scott Morrison dan keluarganya sedang berlibur di luar negeri.

Red:
.
.

Wakil Perdana Menteri Australia Michael McCormack mengatakan bahwa PM Scott Morrison berhak untuk berlibur namun dia masih tetap memantau situasi mengenai kebakaran semak di Australia.

McCormack yang menjadi Pejabat PM sementara mengukuhkan bahwa Scott Morrison saat ini bersama keluarganya sedang berlibur di luar negeri namun lokasinya tidak disebutkan.

Baca Juga

Beberapa politisi dari partai oposisi, Partai Buruh telah menyampaikan kritik di media sosial mengenai keputusan Scott Morrison berlibur Natal di saat kebakaran semak terjadi di beberapa negara bagian.

Namun komentar tersebut tidak didukung oleh Pemimpin Oposisi Anthony Albanese yang mendukung keputusan PM Morrison untuk berlibur.

Kebanyakan kritik terhadap liburan PM Morrison muncul di Twitter.

 

"Semua orang berhak berlibur." kata Michael McCormack.

"Semua orang berhak beristirahat. Dia sudah bekerja keras tahun ini, dan mencapai banyak hal besar bagi Australia."

McCormack mengatakan liburan Perdana Menteri tersebut sudah direncanakan jauh sebelumnya.

Liburan ini dilakukan lebih awal karena PM Morrison akan berkunjung ke India dan Jepang di bulan Januari, saat dimana biasanya PM berlibur karena bersamaan dengan musim panas dan liburan sekolah.

Spekulasi di Twitter menyebutkan Morrison dan keluarganya berada di Hawaii, namun kantor PM menolak mengukuhkan dimana lokasi liburan, dengan alasan keamanan.

 

Scott Morrison diperkirakan akan kembali bekerja sehari sebelum Natal, namun tanggalnya belum pasti.

Dia secara teratur mendapatkan laporan perkembangan mengenai kebakaran semak.

Pemimpin Oposisi Anthony Albanese mengatakan dia tidak keberatan dengan keputusan PM Morrison berlibur sebelum Natal.

Dia mengatakan dia mempertanyakan bagaimana penanganan kebakaran semak yang dilakukan pemerintah, namun bukan keputusan PM Morrison untuk berlibur.

"Saya banyak memiliki kritik terhadap Scott Morrison Namun yang pasti bukan mengenai keputusannya berlibur bersama keluarganya." kata Albanese.

"Semua orang boleh cuti, dan itu terserah dia kapan untuk mengambilnya."

Berbicara di Selandia Baru hari Selasa, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne juga membela Scott Morrison.

"Dia sudah merencanakan liburan bersama keluarganya, keluarganya tidak punya keputusan dalam masalah ini dalam soal kapan mereka bisa menghabiskan waktu bersama suami dan ayah mereka." katanya.

Wakil Perdana Menteri Michael McCormack mengatakan terserah kepada Morrison untuk menjelaskan mengapa dia tidak berlbur di Australia.

"Bagi mereka yang mengkritik PM, mereka juga mungkin akan berlibur juga. Mereka juga berhak untuk berlibur." katanya.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement