Sabtu 21 Dec 2019 02:30 WIB

9 Juta Dolar Dana Bantuan Protes Hong Kong Dibekukan

Sejumlah orang telah ditahan terkait dana bantuan protes Hong Kong.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indira Rezkisari
Bentrokan terjadi antara polisi dan demonstran dalam aksi protes di Hong Kong, Sabtu (24/8). Hingga saat ini belum ada titik terang dari tuntutan aksi protes Hong Kong.
Foto: AP Photo/Vincent Yu
Bentrokan terjadi antara polisi dan demonstran dalam aksi protes di Hong Kong, Sabtu (24/8). Hingga saat ini belum ada titik terang dari tuntutan aksi protes Hong Kong.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Polisi Hong Kong mengatakan telah membekukan dana 9 juta dolar yang dikumpulkan oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah. Kepolisian juga telah menangkap empat anggota kelompok penggalangan dana terkemuka atas tuduhan pencucian uang.

Penjabat sementara divisi investigasi biro Narkotika Kepolisian Hong Kong, Chan Wai-kei, pada Kamis (19/12) waktu setempat, mengatakan polisi juga menyita sekitar 16.700 dolar dalam bentuk tunai, 3.300 kupon supermarket, dua laser pointer, enam panah dan "banyak" alat pelindung. "Keempat anggota pengunjuk rasa yang ditangkap karena pelanggaran pencucian uang," kata Chan dilansir dari CNN, Jumat (20/12).

Baca Juga

Chan mengatakan keempat tersangka itu terhubung dengan Spark Alliance, sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk pada 2016 yang membantu para pemrotes yang ditahan, dengan membayar biaya hukum mereka. "Kelompok itu telah mengumpulkan sumbangan 2,3 juta dolar dalam enam bulan terakhir," kata polisi.

Lebih dari 6.000 orang telah ditangkap selama lebih dari enam bulan kerusuhan politik di Hong Kong, bagian dari China yang semi otonom. Banyak yang menghadapi tuduhan kerusuhan, yang dapat dihukum hingga 10 tahun penjara.

Polisi menuduh bahwa beberapa sumbangan untuk Spark Alliance dialihkan ke perusahaan shell, dan beberapa digunakan untuk membeli produk asuransi pribadi. "Satu dari empat orang yang ditangkap adalah penerima manfaat polis asuransi dan pemilik perusahaan shell," kata Chan lebih lanjut.

Chan tidak secara langsung menjawab pertanyaan dari wartawan tentang apakah menyumbang dana demi bebas dari hukuman dianggap sebagai pencucian uang. "Pencucian uang berarti Anda terus menangani uang bahkan ketika Anda tahu itu diperoleh dari kegiatan yang melanggar hukum," katanya.

Spark Alliance mengatakan di halaman Facebook-nya bahwa polisi Hong Kong menggunakan tindakan dengan "cara curang," untuk menuduh dan "mengotori Spark Alliance serta para pendukung (pengunjuk rasa) lainnya. Kelompok itu mengatakan tidak akan berkomentar lebih lanjut karena mereka yang ditahan telah didampingi pengacara dan saat ini terlibat dalam proses hukum. Menanggapi penangkapan itu, lusinan pemrotes berpakaian hitam dan memakai topeng berkumpul di luar markas perbankan HSBC di distrik pusat bisnis Hong Kong, Jumat (20/12).

Spark Alliance mengatakan di halaman Facebook-nya pada bulan November bahwa mereka menutup akun HSBC-nya, tetapi tidak menjelaskan alasannya. HSBC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusannya untuk menutup akun itu "tidak terkait" dengan situasi di Hong Kong.

"Setiap kali kami melihat aktivitas yang berbeda dari tujuan akun yang disebutkan atau kami mengidentifikasi transaksi yang tidak biasa, kami akan bekerja dengan pelanggan kami untuk mendapatkan informasi yang benar. Selama beberapa bulan terakhir dalam bekerja dengan pelanggan persyaratan ini tidak terpenuhi dan oleh karena itu kami menutup rekening mereka," kata bank.

HSBC telah memperketat kontrol dan prosedur anti pencucian uang dalam beberapa tahun terakhir setelah penyelesaian hampir 2 miliar dolar yang dicapai dengan pemerintah AS pada 2012 atas tuduhan pencucian uang narkoba. Protes yang sedang berlangsung di Hong Kong mulai bertentangan dengan undang-undang yang akan memungkinkan kota untuk mengekstradisi tersangka penjahat ke daratan China, yang mengoperasikan sistem hukum yang berbeda.

Jutaan orang turun ke jalan pada bulan Juni untuk menyuarakan oposisi mereka terhadap RUU tersebut. Hingga kini protes masih terus berlangsung namun terhenti karena jeda libur Natal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement