Kamis 09 Jan 2020 15:00 WIB

Wakil PM Cina akan Sepakati Perjanjian Dagang dengan AS

Wakil PM Cina akan mengunjungi Washington untuk menandatangi kesepakatan dagang.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera Cina-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera Cina-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Wakil Perdana Menteri Cina Liu He menandatangani kesepakatan 'Tahap 1' perjanjian dagang dengan Amerika Serikat (AS) pekan depan. Hal itu diumumkan oleh Kementerian Perdagangan Cina.

Liu berperan sebagai kepala negosiasi Cina dalam perundingan dagang AS-Cina. Pada Kamis (9/1) juru bicara Kementerian Perdagangan Cina, Gao Feng mengatakan Liu akan mengunjungi Washington pada 13 sampai 15 Januari.

Baca Juga

Gao mengatakan tim negosiasi kedua belah pihak tetap berkomunikasi, terutama tentang penandatanganan kesepakatan tersebut. Pada 31 Desember lalu, penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro juga sudah mengumumkan Tahap 1 kesepakatan perdagangan Cina-AS akan segera ditandatangani. Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Fox News, Navarro mengutip laporan yang menyebutkan Liu akan berkunjung ke Washington dalam waktu dekat.

"Kami mungkin menandatanganinya sekitar pekan depan atau kami menunggu terjemahannya," kata Navarro.  

Munculnya harapan perjanjian dagang tersebut segera ditandatangani membuat saham dunia positif pada Senin (30/12), walaupun kedua belah pihak belum mengungkapkan detail kesepakatan dan dokumen apa pun. Navarro mengatakan kesepakatan tersebut akan diungkapkan ke publik 'secepatnya'. Ia berharap tidak ada hambatan yang dapat menahannya.

"Pada dasarnya Anda harus mendapat terjemahan ke Cina dan melakukan pemeriksaan ganda sehingga kedua versi cocok," kata Navarro. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement