Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

WNI di Melbourne Siap Dukung Bali United Di Laga Pertandingan Besok

Senin 20 Jan 2020 13:00 WIB

Red:

Menjelang laga Bali United dan Melbourne Victory yang akan digelar besok di Melbourne, warga Indonesia di Melbourne telah menunjukkan rasa antusias mereka untuk melihat pertandingannya.

  • Ada dua pemain Bali United yang tidak turun melawan Melbourne Victory
  • Pengamat menilai ada sejumlah pemain Bali United yang diwaspadai Victory
  • Victory memprediksi Bali United akan tampil penuh serangan

Muchlis Setioaji, salah satu warga di Melbourne mengaku meski bukan penggemar Bali United, ia akan tetap datang untuk menunjukkan dukungannya.

"Kami datang karena Bali United adalah representasi sepak bola Indonesia saat ini," kata Muchlis.

"Mereka contoh baik bagaimana sepak bola Indonesia seharusnya. Manajemen bagus, supporter bagus, stabil, mengakomodasi pemain muda."

Menurutnya ada peluang kemenangan besar Bali United dalam pertandingan yang digelar di AAMI Park, Selasa malam (21/01).

"Melbourne Victory tahun-tahun lalu bagus, tapi tahun ini tidak begitu bagus karena beberapa minggu lalu baru memecat pelatih," kata Muchlis kepada ABC Indonesia.

"Saya pikir kita [Bali United] punya kesempatan yang cukup besar, kalau lihat hasil kualifikasi kemarin saat kita menang melawan tim Singapura."

Muchlis mengatakan antusiasme warga Indonesia yang akan menonton pertandingan besok sangat tinggi.

Beberapa pendukung berencana untuk datang mengenakan kaos Bali United dan menyanyikan yel-yel Bali United, yang sudah disebarkan di Indomelb, grup komunitas Indonesia di Facebook.

"Kemungkinan pendukung tim tamu [Bali United] lebih besar dari pendukung tim rumah [Melbourne Victory]." kata Muchlis.

Perjalanan Bali United

Bali United akan berhadapan dengan Melbourne Victory, setelah menundukkan juara Liga Singapura, Tampines Rover 5-3 melalui babak perpanjangan waktu pekan kemarin.

Bali United juga merupakan juara Liga 1 Indonesia dengan selisih 10 poin dengan Persebaya, runner up Liga.

Ini adalah pencapaian yang drastis, karena di musim tanding 2018, Bali United hanya mampu menduduki peringkat ke-11.

Pertandingan antara Bali United dan Tampines Rover adalah pertandingan pertama United dengan titel juara liga, setelah penutupan musim pertandingan 2019 bulan Desember lalu.

Pemain Bali United diwaspadai

Beberapa pengamat sepakbola di Australia mencatat sejumlah nama-nama pemain Bali United harus diwaspadai oleh Melbourne Victory, jika ingin mencuri kemenangan besok malam.

Pencetak gol terbanyak Bali United, Ilija Spasojevic, yang berhasil mencetak 16 gol pada musim liga, akan menjadi pemain yang harus mendapat perhatian khusus lini pertahanan Melbourne Victory.

Dominasinya membobol gawang lawan bahkan membuat pemain naturalisasi ini dipanggil 'Spasogoal'.

Jurnalis sepakbola Shabab Hossain, seperti yang dilansir oleh footballtoday.news, mengatakan Spasojevic adalah striker dominan tipikal Asia Tenggara yang dimiliki Indonesia.

Ia tidak sering turun terlalu dalam mendukung lini tengah dan lebih memilih berada di lini pertahanan, sambil melihat peluang untuk bisa berbalik menyerang, kata Hossain.

Pemain Bali United lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah striker asal Belanda, Melvin Platje dan tentu saja Stefano Lilipaly, yang oleh jurnalis sepakbola John Duerden diberi gelar "salah satu pemain menyerang terbaik se-Asia Tenggara."

Tapi menurut pelatih Bali United, Stefano Cugurra Tecco, ada pemain yang tidak ikut turun ke lapangan melawan Melbourne Victory, yakni Dias Angga Putra dan Gunawan Dwi Cahyo.

Di lini Melbourne Victory, Jakob Poulsen yang pernah memperkuat timnas Denmark, serta Elvis Kamsoba, pemain tim nasional Burundi, Afrika akan turun melawan Bali United.

Bali United diprediksi tampil menyerang

Hossain memprediksi, Bali United akan tampil menyerang, memanfaatkan serangan balik yang cepat saat menguasai bola.

Selain itu, Bali United juga dinilai memiliki koordinasi yang baik dalam posisi bertahan, sehingga mampu menekan lawan.

Karena itu, Melbourne Victory disarankan untuk bermain aman dan tidak terbawa ritme permainan United, kecuali jika mereka sangat yakin melewati garis pertahanan United.

Tapi dalam konferensi pers yang digelar Senin siang (20/01), Melbourne Victory mengatakan siap meladeni permainan cepat United.

"Besok adalah hari yang spesial bagi kami. Kejuaraan ini adalah kompetisi yang berbeda untuk saya, untuk Melbourne Victory dan para pemain," kata pelatih Melbourne Victory, Carlos Salvachua.

"Kami fokus penuh untuk besok malam, kami berusaha untuk menang lagi, karena kami tahu seberapa penting kemenangan itu untuk semua orang."

Tapi bukan berarti Bali United akan tampil tanpa kendala.

Fisik yang kurang prima setelah laga 120 menit pekan lalu di Singapura, ditambah perbedaan cuaca, menjadi faktor penting yang mungkin akan mempengaruhi performa united di laga besok.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA