Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Parade Indonesia Raih Penghargaan Paling Kreatif di Australia Day Adelaide

Selasa 28 Jan 2020 13:48 WIB

Red:

.

.

Komunitas Indonesia menggunakan pakaian adat dari sejumlah provinsi.

Komunitas Indonesia di Adelaide, Australia Selatan memenangkan penghargaan peserta paling kreatif, atau "Most Creative Award" saat pawai 'Australia Day' (26/01).

  • Warga Indonesia di Adelaide menang penghargaan di 'Australia Day'
  • Awalnya mereka hanya ingin berpartisipasi bukan mengejar kemenangan
  • Mereka yakin kemenangannya bisa semakin mengharumkan nama Indonesia

 

Dalam perayaan 'Australia Day', 65 warga Indonesia berada diantara 3.500 orang dari komunitas negara-negara lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pawai yang digelar di pusat kota Adelaide.

Sambil membawa spanduk bertuliskan "Bhinneka Tunggal Ika", komunitas Indonesia menggunakan pakaian adat dari sejumlah provinsi dengan diiringi alat musik rebana. Bahkan ondel-ondel ikut terlihat dalam pawai tersebut.

Julie Luqman, koordinator kelompok Indonesia di pawai tersebut mengatakan terkejut saat mendengar mereka menang.

 

"Kita sangat terkejut ketika sedang berjalan ada staf dewan Adelaide memberi sertifikat bahwa kita menang 'Most Creative Award'," kata Julie.

"Kita belum pernah dapat sebelumnya," tambah Julie, yang juga Wakil Ketua kelompok masyarakat Indonesia di Adelaide.

Julie awalnya bahkan tidak berharap kalau komunitas Indonesia akan menang, bukan hanya lebih dari 100 negara dan komunitas yang ikut dalam pawai tersebut, baju mereka pun terlalu beragam.

"Saya sempat bilang sama semua, kita jangan mengharapkan menang, kita tidak akan pernah menang karena yang diharapkan dewan [pakaian] harus seragam," katanya.

Tapi siapa yang menyangka jika keberagaman itulah yang membuat mereka menang.

Semangat menang lagi

 

Kemenangan pertama dari komunitas Indonesia di Adelaide dalam pawai 'Australia Day' membangkitkan semangat Julie untuk memenangkan kategori lainnya tahun depan.

"[Saya harap] kita bisa lebih kreatif lagi supaya bisa memenangkan 'Best Costume' [kostum terbaik] atau 'Judge Favorite' [favorit juri]."

Menurutnya, kemenangan ini sangatlah berarti karena bisa semakin meningkatkan citra Indonesia di dunia international.

"Kita menang seperti ini [sudah] mengharumkan nama Indonesia," kata Julie kepada Natasya Salim dari ABC News.

"Komunitas [Indonesia] di sini [Australia] bisa mendapatkan sebuah penghargaan, sehingga keunikan dan kebaikan Indonesia bisa semakin dikenal dunia."

Di Melbourne, komunitas Indonesia juga ikut ambil bagian dalam pawai yang digelar sepanjang Swanston Street, tarian dari Papua menjadi salah satu yang ditampilkan dalam pawai tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA