Rabu 05 Feb 2020 13:13 WIB

Anak Kecil di Malaysia Sembuh dari Virus Corona

Seorang anak perempuan China telah pulih dari infeksi virus Corona di Malaysia

Rep: Idealisa Masyrafina/Mabruroh/ Red: Christiyaningsih
Seorang anak perempuan China telah pulih dari infeksi virus Corona di Malaysia. Ilustrasi.
Foto: Xiao Yijiu/Xinhua via AP
Seorang anak perempuan China telah pulih dari infeksi virus Corona di Malaysia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Seorang anak perempuan China telah pulih dari infeksi virus Corona di Malaysia dan diizinkan kembali ke rumah. Anak berusia empat tahun itu menjadi yang pertama dari 10 pasien di Malaysia, termasuk sembilan orang China yang berkunjung, yang telah pulih setelah tertular virus.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Noor Hisham Abdullah mengatakan tes deteksi diulang dua kali dan hasilnya kembali negatif. "Dia sekarang kesehatannya baik dan diizinkan pulang ke rumah," kata Noor pada Selasa (4/2) malam dilansir South China Morning Post.

Baca Juga

Menurut kepala pers di kedutaan China, Tang Tang, anak kecil itu dan keluarganya akan segera kembali ke China dengan sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Anak itu didiagnosis pekan lalu dan dirawat di bangsal isolasi di sebuah rumah sakit di Langkawi, tujuan liburan pulau yang populer di Malaysia.

Sementara itu China telah mengubah stadion dan dua pusat konvensi menjadi rumah sakit darurat dengan 3.800 tempat tidur. Dalam waktu dekat, China akan memindahkan pasien Corona virus ringan di penampungan medis.

Dilansir dari SCMP, pemerintah China berencana membangun delapan fasilitas medis sementara. Mereka juga akan menyediakan tim medis mobile yang dilengkapi dengan peralatan medis untuk keadaan darurat di 20 provinsi.

Tim medis mobile tersebut nantinya akan membawa masyarakat yang terinfeksi Corona ke rumah sakit darurat di Wuhan. Tim tersebut di setiap provinsinya akan dilengkapi dengan petugas medis, kendaraan sinar-X, klinik rawat jalan, dan peralatan bergerak lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement