Ahad 12 Jul 2020 09:44 WIB

Jet Rusia Usir Pesawat Intai AS dari Laut Jepang

Pesawat AS terbang ke arah ruang kedaulatan Rusia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Jet tempur Rusia
Jet tempur Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW -- Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat jet dari Distrik Militer Timur mendorong mundur pesawat tempur intai Amerika Serikat (AS) dari Laut Jepang. Pada Sabtu (11/7) radar-radar Rusia mendeteksi target di ruang udara internasional di atas Laut Jepang.

Namun pesawat tersebut terbang ke arah ruang udara kedaulatan Rusia. Pesawat tempur Sukhoi Su-35S dan MiG-31BM Angkatan Udara Rusia dari Distrik Militer Timur yang sedang bertugas memotong jalur dan meminta pesawat itu mundur untuk diidentifikasi.

Baca Juga

"Setelah target didekati, mereka diidentifikasi sebagai pesawat tempur intai strategis Angkatan Udara AS RC-135," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya seperti dilansir dari kantor berita Rusia, Tass, Ahad (12/7).

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan pesawat tempur intai Angkatan Udara AS itu memutar balik dan keluar dari ruang udara kedaulatan Rusia. Lalu pesawat jet Rusia pun pulang ke pangkalan mereka.

"Semua penerbangan pesawat tempur Pasukan Angkatan Udara Rusia dilakukan sesuai dengan peraturan ruang udara internasional," tambah Kementerian Pertahanan Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement