Rabu 26 Aug 2020 04:22 WIB

Kacamata Mahatma Gandi Laku Dilelang Rp 6,5 Miliar

Kacamata Mahatma Gandi dilelang di Inggris.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
Kacamata Mahatma Gandi Laku Dilelang Rp 6,5 Miliar. Mahatma Gandhi
Foto: Telegraph
Kacamata Mahatma Gandi Laku Dilelang Rp 6,5 Miliar. Mahatma Gandhi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sepasang kacamata berlapis emas yang dikenakan oleh pahlawan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi telah terjual di rumah lelang East Bristol Auctions, Inggris seharga 260 ribu poundsterling atau sekitar Rp 6,5 miliar (kurs 1 poundsterling setara Rp 19.190,35).

Hal itu diumumkan melalui akun Instagram East Bristol Auctions pada Jumat (21/8). "Kami menemukannya empat pekan lalu di kotak surat kami, ditinggalkan di sana oleh seorang pria yang pamannya diberikan oleh Gandhi sendiri," tulis East Bristol Auctions dikutip Al Arabiya, Selasa (25/8).

Baca Juga

"Hasil yang luar biasa untuk item yang luar biasa! Terima kasih untuk semua yang menawar," lanjut unggahan tersebut.

Gandhi dikenal memberikan sesuatu yang dia miliki cukup lama atau yang tidak diinginkannya kepada mereka yang membutuhkan atau mereka yang telah membantunya. Menurut East Bristol Auctions, penjual mewarisi kacamata itu dari pamannya.

Gandhi memberikan kacamata itu kepada paman orang tersebut saat Gandhi bekerja untuk British Petroleum di Afrika Selatan pada 1920-an atau 1930-an. Juru lelang Andrew Stowe mengatakan, paman penjual tersebut telah memberitahunya untuk membuang kacamata apabila tidak berguna.

"Jika mereka tidak berguna, buang saja," kata Stowe.

Namun, ketika Stowe memberitahu estimasi harga jual kacamata tersebut sebesar 15 ribu poundsterling, penjual terkejut. "Saya kira penjual hampir jatuh dari kursinya," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement