Rabu 26 Aug 2020 15:59 WIB

Yunani Selamatkan Puluhan Migran Dekat Perbatasan Turki

Operasi penyelamatan dilakukan 23 mil sebelah barat di Pulau Halki.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Penyelamatan migran (ilustrasi).
Foto: www.abc.net.au
Penyelamatan migran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Penjaga pantai pulau Halki, Yunani mengatakan mereka menyelamatkan puluhan migran yang mengambang di atas perahu. Setidaknya ada sekitar 96 orang yang diselamatkan dalam peristiwa yang pertama kali dilaporkan pada Selasa (25/8) malam tersebut.

Operasi penyelamatan dilakukan 23 mil sebelah barat di Pulau Halki yang berada di kepulauan Aegean, perbatasan Yunani-Turki. Saksi mata mengatakan hingga Rabu (26/8) proses penyelamatan masih berlangsung. Sebab masih banyak orang yang berada di atas kapal tersebut.

Baca Juga

Sepuluh kapal, dua helikopter, dan kapal frigat membantu penjaga pantai menggelar operasi penyelamatan. Sebagian imigran yang berhasil diselamatkan di bawa ke pulau Rhodes.

Penjaga pantai Yunani mengatakan penjaga pantai Turki mencoba mengintervensi operasi mereka. Sementara salah satu pejabat Angkatan Laut Yunani mengatakan kapal Turki mengangkut sejumlah imigran.

"Kami akan melanjutkan pencarian hingga semua kemungkinan untuk menyelamatkan seseorang habis," kata salah satu penjaga pantai Yunani.

Yunani gerbang utama ratusan ribu pencari suaka yang melarikan diri dari perang di Suriah menuju Eropa. Turki yang menampung jutaan pengungsi membuat kesepakatan dengan Uni Eropa untuk menahan gelombang pengungsi dari Timur Tengah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement